Select Page

Foto dari Pixabay.com

Mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pencari kerja. Hingga saat ini pun saya masih ingat bagaimana rasanya ketika mendapatkan telepon yang mengabarkan hal tersebut.

Mendapatkan panggilan wawancara kerja berarti Anda sudah berhasil melewati tahapan tes tertulis dan lanjut ke tahap berikutnya. Meskipun, ada juga beberapa lowongan yang langsung ke wawancara. Tapi, ini biasanya untuk pekerjaan bagi pelamar yang sudah berpengalaman.

Selain menyiapkan mental dan pengetahuan untuk menghadapi wawancara kerja, pakaian tidak boleh dilupakan. Busana seperti apa yang akan Anda pakai agar tampil maksimal di hadapan calon pemberi kerja.

Perlu diingat, kesan pertama begitu penting dan yang pertama akan dilihat adalah bagaimana Anda tampil. Tidak mungkinkan begitu tiba di tempat langsung cuap-cuap. Jadi, pakaian inilah yang akan terlihat pertama kali.

Pakailah pakaian yang pantas, karena ini bukan hanya untuk menghargai perusahaan tapi juga untuk menghargai diri Anda sendiri.

Pakaian yang pantas adalah pakaian yang sesuai dengan situasi dan cocok bagi Anda. Keduanya harus diperhatikan, karena ada pakaian yang cocok Anda pakai tapi tidak sesuai untuk digunakan saat wawancara. Misalnya, kaos oblong, tidak peduli berapapun harganya. Kecuali Anda dipanggil wawancara sama Bos Facebook, kaos oblong mungkin tidak masalah… hehehe.

Nah, menurut para profesional yang disurvei oleh CareerBuilder, warna-warna konservatif adalah warna terbaik untuk menghadapi wawancara kerja. Warna-warna ini termasuk hitam, biru, abu-abu, dan coklat.

Anda bisa memilih kombinasi yang pas ketika memakai warna tersebut. Misalnya celana kain hitam dipadukan dengan kemeja abu-abu atau biru muda. Atau bisa juga celana cokelat tua dipadukan dengan kemeja cokelat muda.

Pilih sesuai selera Andalah. Paduan warna mana yang nyaman buat Anda pakai.

Menurut hasil survei ini, warna terburuk untuk wawancara kerja adalah oranye. Meskipun, warna oranye dan warna-warna terang lainnya seperti hijau dan kuning bisa menunjukkan kesan Anda orang yang menyenangkan dan kreatif, namun tidak cocok untuk digunakan saat wawancara. Warna-warna ini cocok dipakai saat senggang atau ketika berada di rumah.

Itulah sedikit tips memilih warna pakaian untuk wawancara kerja. Semoga sukses menggapai pekerjaan impian Anda.

Anda juga dapat membaca tentang contoh jawaban wawancara kerja di blog ini.

Tulisan Lainnya:

Tips Sukses Wawancara Kerja Foto dari stockunlimited.com Berikut ini adalah tips sukses wawancara kerja untuk membantu Anda melewati salah satu tahapan yang sangat krusial da...
Contoh Pertanyaan Umum Wawancara Kerja untuk Freshgraduate Ada banyak kemungkinan pertanyaan yang dapat diajukan saat wawancara kerja. Tergantung dari posisi, pengalaman, bidang, dll. Kali ini saya akan men...
Membuat Kesan Positif saat Wawancara Kerja dengan Komunikasi Nonverbal yang Elegan Gambar dari pexels.com Di tulisan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara meninggalkan kesan positif di benak pewawancara melalui komun...