Select Page
tips sukses wawancara kerja

Foto dari stockunlimited.com

Berikut ini adalah tips sukses wawancara kerja untuk membantu Anda melewati salah satu tahapan yang sangat krusial dalam proses rekruitmen. Wawancara kerja bisa menjadi momok tersendiri bagi pelamar kerja.

Mengapa?

Karena harus bertatap muka langsung dengan calon pemberi kerja. Sehingga, semuanya bisa menjadi penilaian. Bukan hanya jawaban yang dilontarkan, namun juga cara menjawab, bahkan ekpresi ketika wawancara berlangsung. Beda halnya jika hanya berhadapan dengan kertas.

Tips Sukses Wawancara Kerja

  • Datang lebih awal dari jadwal. Jangan datang terlalu mepet apalagi telat dari jadwal yang ditentukan. Dengan datang lebih awal Anda mempunyai kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan tempat wawancara. Punya waktu untuk menenangkan diri. Ada waktu ke toilet, bukan sekadar buang air kecil, tapi untuk merapikan kembali penampilan Anda.
  • Penampilan terbaik. Muncullah di hadapan pewawancara dengan penampilan terbaik Anda. Bukan sekadar menarik perhatian, namun mengesankan dan profesional.
  • Antusias dan percaya diri. Tampillah dengan antusias, tunjukkan bahwa Anda benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut. Jawablah dengan percaya diri, tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan.
  • Amunisi ilmu pengetahuan dalam kepala. Ilmu pengetahun yang memadai akan sangat menunjang kepercayaan diri Anda dalam menghadapi tes wawancara. Dan tentu saja penting untuk menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan benar bukan asal jawab.

Tips Berbicara saat Wawancara Kerja

Selain yang saya tulis di atas, keterampilan berbicara yang Anda miliki juga berperan penting saat wawancara.

Ben Jonson, seorang penyair dan penulis drama Inggris, mengatakan:

“Berbicara dan berbicara dengan baik adalah dua hal. Orang bodoh mengoceh, tapi orang bijak berbicara”€.

Anda tentu tidak ingin disebut mengoceh kan?

Begitu pula saat Anda mengikuti wawancara kerja, adalah penting untuk mengerti apa yang ditanyakan kepada Anda. Lebih penting lagi untuk tahu apa yang akan Anda sampaikan dan bagaimana menyampaikannya dengan jelas dan menarik. Tidak hanya asal jawab.

Patut Anda ketahui apa sebenarnya maksud dilakukannya wawancara kerja oleh perusahaan. Selain untuk menilai secara langsung pengetahun yang Anda miliki, juga bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang kepribadian Anda, melihat relevansi yang diperlukan dengan pekerjaan, dan tentu saja untuk melihat apakah Anda layak untuk pekerjaan yang ditawarkan.

Berikut ini beberapa tips bagaimana berbicara saat wawancara kerja.

  • Berbicaralah tentang sesuatu yang menonjolkan kelebihan Anda. Pertanyaan saat wawancara tidak melulu membicarakan hal teknis. Banyak hal lain yang bisa saja ditanyakan dan terkadang tidak diharapkan sebelumnya, seperti problem solving, kemampuan komunikasi, tentang motivasi, kemampuan bersosialisasi, analisis diri, bahkan kadang muncul pertanyaan-pertanyaan yang rasanya seperti jebakan.Dari pertanyaan-pertanyaan itu, Anda dituntut untuk jeli melihat kesempatan bagi Anda untuk membicarakan kelebihan-kelebihan Anda yang relevan dengan apa yang ditanyakan. Ingat, kelebihan yang relevan atau berhubungan dengan pertanyaan.
  • Bicaralah pada waktunya dan mengertilah kapan harus berhenti. Jangan sekali-kali memotong pertanyaan pewawancara, pastikan pertanyaan sudah selesai baru Anda menjawab. Juga, ketahuilah kapan seharusnya Anda berhenti berbicara. Ketika pewawancara mengangguk perlahan, itu mungkin isyarat dia mengerti jawaban Anda. Namun, jika sudah mulai mengangguk dengan cepat dan sering, mungkin itu isyarat bagi Anda untuk berhenti.
  • Bicaralah yang sederhana, jangan dibuat rumit. Banyak orang ketika ditanya kadang menjawab dengan kalimat yang sulit dimengerti, banyak mengandung istilah asing agar tampak cerdas. Namun ketika dikejar lebih jauh, bahkan dia pun tidak memahami istilah-istilah yang digunakannya. Keep it simple.
  • Bicaralah apa adanya, jangan berbohong. Jujur itu penting, sebab satu kebohongan akan membuat Anda membuat berjuta kebohongan lainnya untuk menutupi kebohongan yang Anda buat sebelumnya. Orang bisa menerima jika Anda berbuat kesalahan, namun tidak bisa menerima kebohongan yang berlarut-larut. Jadi jujurlah dalam menjawab setiap pertanyaan.

Demikianlah tips sukses wawancara kerja dari saya. Jika Anda memiliki tips sendiri dan ingin berbagi, silakan melalui kolom komentar.

Related Post