Hal pertama yang mewakili Anda ketika melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja dan CV. Makanya, adalah penting untuk menuliskannya dengan baik dan menarik. Kali ini saya akan menuliskan tips menulis surat lamaran kerja saja, CV akan saya tulis terpisah.

Menulis surat lamaran kerja tentu tidak sama dengan menulis surat biasa, entah itu ke pacar atau surat minta kiriman ke orang tua :). Ada kaidah tertentu agar surat lamaran kerja yang ditulis tepat sasaran dan tidak bertele-tele. Berikut ini contoh format surat lamaran kerja yang biasa saya pakai.

Waktu
Waktu penulisan surat lamaran anda, misalnya 12 Juli 2011.

Kepada
Surat lamaran Anda ditujukan kepada siapa. Misalnya ke HRD manager. Anda juga bisa menuliskan nama jika mengetahui nama yang dituju.

Salam Pembuka
Dear Sir/Madam, atau nama jika anda mengetahuinya.

Paragraf Awal
Pada paragraf ini tuliskan mengapa Anda menulis lamaran, posisi apa yang anda lamar, dan darimana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan tersebut. Misalnya Anda melamar untuk mengisi posisi Geophysicist, informasinya Anda peroleh dari iklan perusahaan di Kompas.

Paragraf Tengah
Pada bagian ini, perkenalkan diri Anda, latarbelakang pendidikan Anda, keahlian Anda, kelebihan yang Anda miliki sehingga pantas dipertimbangkan sebagai karyawan. Jangan lupa menuliskan kursus berhubungan yang pernah Anda ikuti dan pengalaman kerja Anda. Untuk fresh graduate, bisa menuliskan pengalaman semasa mahasiswa, misalnya pernah kerja praktek atau tugas akhir di perusahaan minyak tertentu.

Paragraf Akhir
Ucapkan terima kasih atas perhatian dan pertimbangan dari pemberi lowongan, juga informasi bagaimana Anda bisa dihubungi. Misalnya, melalui email atau bisa juga mencantukan nomor HP.

Salam Penutup
Salam penutup, misalnya Truly Yours atau Best Regards.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca. Sedangkan untuk contoh format curriculum vitae (CV) dapat Anda baca di sini.

Tips lain bagaimana memenangkan persaingan kerja dapat Anda baca di buku saya “7 Rahasia Memenangkan Persaingan Kerja“.

Tulisan Lainnya:

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Sebelumnya saya sudah menulis contoh format surat lamaran kerja. Dari format tersebut dibuatlah sebuah surat lamaran kerja. Dewasa ini, sudah merupaka...
Setelah Lulus Kuliah Mau Ngapain? Saya sedang asyik menikmati sebutir tape ketan hitam di rumah Om ketika beliau tiba-tiba bertanya. “Man, nanti setelah lulus mau ngapain?” Tape...
Manfaat Google Webmaster Tools Bagi teman-teman blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan google webmaster tools. Bagi yang belum, berikut ini manfaat google webmaster tools yang ...