Select Page

gawker.com

Tidak lama lagi tahun ini segera berlalu ya dan kita akan memasuki tahun baru. Pasti sudah banyak yang mulai menulis resolusi tahun baru. Namun sebelumnya jangan lupa untuk melakukan evaluasi terhadap resolusi tahun ini. Apa saja yang sudah tercapai, apa yang tidak tercapai dan penyebabnya sehingga tidak tercapai.

Jika tahun ini banyak resolusi Anda yang tidak tercapai, tidak usah berkecil hati karena Anda tidak sendiri… hehehe. Menurut sebuah penelitian di Amerika, 45% penduduknya selalu membuat resolusi tahun baru, namun yang berhasil mencapai apa yang ditulisnya itu hanya sekitar 8%.

resolusi tahun baru

Nah, apa sebab sekian banyak yang menulis resolusi itu gagal mewujudkan impiannya?

Ada beberapa hal, yaitu targetnya kurang jelas, terlalu umum, dan yang terakhir tidak dilaksanakan. Jadi, hanya sekadar ritual tahun baru saja.

resolusi tahun baru

Agar kita berhasil menggapai resolusi tahun baru yang akan datang, berikut ini tips menulis resolusi tahun baru.

Tulis target Anda dengan jelas

Dibanding hanya menulis “menurunkan berat badan”, lebih baik ditulis “menurunkan berat badan 5 kg”. Dengan begitu bisa diukur, dalam setahun target penurunan berat badannya 5 kg.

Lebih baik lagi jika resolusi ditulis berdasarkan konsep SMART (specific, measurable, achievable, realistic, time-based). Selengkapnya soal konsep ini bisa Anda baca disini.

Jangan lupa menulis cara mewujudkannya

Pernah gak Anda ingin menuju ke suatu tempat (misal ke Blok M) namun tidak tahu caranya, harus naik Kopaja nomor berapa? Apa yang terjadi? Bingung kan… Begitu juga dengan resolusi tahun baru. Banyak yang menulis seabrek target, tapi lupa memikirkan cara mencapainya. Akhirnya, resolusi tersebut tidak terlaksana.

Misal ingin turun berat badannya 5 kg dalam setahun, tulis cara mencapainya. Menghindari gorengan, mengurangi porsi makan, olahraga minimal 3 kali seminggu selama 30 – 60 menit, dll.

Laksanakan!

Nah, di sini banyak yang kadang lupa… pelaksanaan! Kok, pakai tanda seru? Hehehe… Itu untuk mengingatkan saya sendiri.

Kadang sudah ditulis, ada metodenya, tapi ditumpuk aja di rak buku atau sekadar jadi file aja di komputer. Ingin tercapai semua resolusinya, ya dilakukan.

Demikianlah 3 tips menulis resolusi tahun baru dari saya. Punya tips lain? Dibagi ya… 🙂