Kritik bisa menghampiri kita kapan saja, tidak peduli yang kita lakukan itu baik atau buruk. Kritik pun bisa negatif atau positif tanpa bisa kita pilih. Yang bisa kita pilih adalah bagaimana kita menyikapi kritik yang datang tersebut. Apakah kita akan menyambutnya dengan baik atau justru emosi dan sakit hati.

Orang yang memberi kritik memang kadang tidak memperhatikan perasaan orang yang dituju. Tujuannya juga tidak selalu bermaksud memperbaiki situasi. Kadang-kadang ada orang yang memberi kritik betul-betul bertujuan untuk menjatuhkan seseorang.

Agar Anda tidak terjebak oleh kritik dan menjadi sakit hati, berikut ini beberapa tips menghadapi kritik dari orang lain.

Dengarkan saja dulu dan jangan emosi

Tips Menghadapi Kritik Agar Tidak Sakit Hati

Sumber foto : persuasive.net

Ketika seseorang mengkritik Anda, jangan langsung emosi dan buru-buru memotong. Dengarkan saja dulu, biarkan orang tersebut menyelesaikan kritiknya. Bisa jadi apa yang disampaikan itu benar adanya dan bisa bermanfaat untuk perbaikan ke depan.

Misalnya, Anda baru menyelesaikan presentasi di kantor kemudian ada teman kantor yang komentar.

“Materi presentasinya bagus, sayang slidenya tidak mendukung.”

Menanggapinya jangan langsung emosi sambil teriak.

“Kurang ajar, tidak tahu apa saya menyiapkannya semalam suntuk!”.

Coba tanyakan bagaimana maksudnya. Mungkin saja benar, slide presentasi yang Anda buat seadanya saja karena waktunya tidak memadai. Atau mungkin Anda bisa minta saran bagaimana sebaiknya slide presentasi tersebut dibuat. Sehingga, di presentasi berikutnya slide Anda bisa lebih baik.

Jangan menanggapinya secara personal

Tips Menghadapi Kritik Agar Tidak Sakit Hati

Sumber foto : techbreach.net

Tanggapi kritik secara profesional. Jika Anda mendapat kritik soal pekerjaan, maka kritik tersebut memang ditujukan pada hasil kerjaan, bukan ditujukan ke pribadi Anda. Kadang ada yang beranggapan kritik yang diperoleh karena masalah pribadi.

Jangan beranggapan seseorang memberi kritik karena tidak suka dengan Anda. Karena jika demikian, akan sulit bagi Anda untuk menemukan sesuatu yang positif dalam kritik tersebut untuk kemudian digunakan untuk perbaikan di masa depan.

Jangan sampai “down”

Tips Menghadapi Kritik Agar Tidak Sakit Hati

Sumber foto : jeetblog.com

Seperti yang saya sebut sebelumnya, ada kritik yang memang bertujuan untuk menjatuhkan. Ketika menerima kritik, jangan sampai merasa “down” karena ini hanya akan memperburuk situasi. Usahakan untuk tegar, tarik napas yang dalam dan bernapaslah secara teratur. Jika Anda tetap tenang, Anda akan dapat melihat poin dari kritikan yang dikeluarkan dan bisa memperbaikinya kelak.

Jika sampai Anda down, sakit hati Anda jadi dobel. Sepanjang Anda bisa memetik sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi Anda, rasa sakit hati akibat kritikan dapat diminimalisir.

Demikian, semoga bermanfaat…

Tulisan Lainnya:

Cara Menghapus Facebook Bosan dengan Facebook? Atau punya akun lain? Trus akunnya ingin dihapus? Bingung caranya bagaimana? Berikut ini cara menghapus akun Facebook dengan mu...
Polemik Blok Masela Blok Masela terletak di Laut Arafura, sekitar 800 km sebelah timur Kupang, ibukota Nusa Tenggara Timur, atau sekitar 400 km di utara kota Darwin, Aust...
Cara Mendaftar dan Menggunakan Google Webmaster Tools Pada postingan sebelumnya saya sudah menulis tentang manfaat google webmaster tools. Kali ini saya akan menulis tentang cara mendaftar dan menggunakan...