Select Page

cari kerja onlineSekarang ini eranya internet, sudah bukan jamannya mencari pekerjaan mengandalkan iklan di Koran semata. Lowongan kerja selain diiklankan di Koran, sekarang banyak juga dijumpai di internet. Baik itu melalui web seperti jobsearch.com, karir.com, dll atau diposting melalui milis dan media social lainnya.

Sebagai pencari kerja, memanfaatkan semua media tentu semakin baik. Namun, ada baiknya tidak menggantungkan harapan pada informasi lowongan. Jadilah pencari kerja yang kreatif. Berusahalah tidak sekadar mencari lowongan, tapi buat kesempatan yang menemukan Anda. Bagaimana caranya?

Buat akun LinkedIn

LinkedIn adalah media sosial khusus buat para professional terhubung. Selain untuk memperluas  networking di situs ini Anda dapat membuat daftar riwayat hidup yang lengkap layaknya sebuah CV. Isilah selengkap mungkin dengan informasi tentang diri dan keahlian Anda. Gunakan foto diri yang sebenarnya, saran saya yang agak formal misalnya memakai kemeja. Jangan menggunakan foto samara seperti gambar binatang atau kartun.

Ikuti atau tambahkan dalam pertemanan Anda profesional yang sebidang dengan Anda. Sesekali berinteraksilah dengan mereka.

Saya pribadi sudah membuktikan keampuhan linkedin ini. Sudah beberapa kali saya mendapatkan tawaran pekerjaan baik itu dalam maupun luar negeri yang informasinya bersumber dari akun linkedin saya. Dari profil dan informasi yang saya tulis, beberapa headhunter kemudian mengirimkan email penawaran bahkan ada yang berlanjut hingga interview.

Hubungkan dengan media sosial lain

Media sosial lain yang banyak juga dipakai oleh para profesional adalah facebook dan twitter. Buatlah akun dengan mengisi profil Anda dan buat saling terhubung dengan ketiganya. Sesekali buatlah postingan yang berhubungan dengan keahlian Anda. Sesekali ya, jangan membanjiri jaringan Anda dengan postingan yang akhirnya malah mengganggu mereka.

Jika memungkinkan, buatlah blog

Jika Anda memiliki keterampilan membuat dan menulis blog, tidak ada ruginya mulai menulis blog yang sesuai dengan keahlian Anda. Tidak menutup kemungkinan ada calon pemberi kerja yang membaca blog Anda yang kemudian menawarkan pekerjaan kepada Anda.

Hal ini sudah dibuktikan oleh seorang kawan saya yang menulis blog tentang arsitektur. Beberapa tulisan dan juga desain diposting di blog tersebut. Hasilnya, beberapa pembaca tertarik dengan desainnya dan memberinya pekerjaan.

Nah, itulah sedikit tips mencari pekerjaan dengan memanfaatkan dunia online. Mungkin ada diantara pembaca yang sudah melakukan salah satunya dan merasakan manfaatnya?

Tulisan Lainnya:

5 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Mendapatkan Pekerjaan Baru Tidak terasa kita sudah berada di bulan Maret 2014. Sudah berapa banyak resolusi tahun baru Anda yang tercapai? Banyak hal yang bisa ada di resolusi t...