Foto dari Pexels.com

Banyak latihan sebelum wawancara kerja sangat perlu dilakukan karena akan berdampak positif terhadap kepercayaan diri. Semakin mantap persiapan yang dilakukan semakin tinggi pula rasa percaya diri yang ditimbulkannya. Berikut ini beberapa tips latihan wawancara kerja untuk meningkatkan kesiapan Anda menghadapi wawancara yang sebenarnya.

  • Berlatih sendiri menjawab pertanyaan umum yang sering ditanyakan di depan cermin. Anda bisa mengambil kursi dan duduk layaknya sedang berhadapan langsung dengan pewawancara. Perhatikan ekspresi wajah Anda ketika berbicara.
  • Tulis pertanyaan menggunakan beberapa kartu atau lembar kertas, kemudian ambillah pertanyaan secara acak. Cara ini bermanfaat untuk melatih kecepatan Anda merespon pertanyaan.
  • Jika punya kawan atau keluarga yang bisa dimintai tolong berpura-pura jadi pewawancara tentu akan sangat membantu. Akan beda jika berhadapan dengan cermin atau kartu dengan orang langsung. Selain untuk mengajukan pertanyaan, Anda juga bisa meminta pendapatnya tentang jawaban Anda. Jika Anda tidak bisa meyakinkan teman Anda, bagaimana mau meyakinkan pewawancara sebenarnya.
  • Jika punya alat rekam, Anda bisa mencoba merekam jawaban yang Anda kemukakan. Kemudian analisa bagaimana intonasi bicara Anda, cara penyampaian, dll. Apakah sudah cukup meyakinkan menurut Anda.

Demikianlah beberapa tips latihan menghadapi wawancara kerja. Semoga bermanfaat…

Tulisan Lainnya:

Contoh Pertanyaan Umum Wawancara Kerja untuk Freshgraduate Ada banyak kemungkinan pertanyaan yang dapat diajukan saat wawancara kerja. Tergantung dari posisi, pengalaman, bidang, dll. Kali ini saya akan men...
Persiapan Wawancara Kerja Agar Anda Tampil Pede di Hari H Foto dari Unsplash.com Mendapatkan panggilan wawancara kerja adalah hal yang menggembirakan. Apalagi jika belum mendapatkan pekerjaan dan sudah "r...
Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami Gambar dari pxels.com Pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” sering kali diajukan saat wawancara kerja. Beberapa kali saya me...