Select Page

Tau gak masalah terbesar presenter saat melakukan presentasi?

Jawabannya adalah membuat audiens melek hingga akhir presentasi… hehehe. Paling tidak perhatiannya tidak teralihkan.

Ini tantangan yang besar mengingat banyak sekali pengalih perhatian saat ini. Dan salah satu sumbernya, yaitu gadget.

Tidak jarang kan kita jumpai audiens justru asyik cek facebook, balas WA, ngetweet, dll. Alih-alih memahami apa yang disampaikan dalam presentasi, memperhatikan saja mereka tidak.

Bagaimana mengatasinya?

Anda sebagai presenter tentu menginginkan audiens yang fokus pada Anda dan apa yang disampaikan. Agar tujuan presentasi Anda bisa tercapai. Terlepas itu sekadar menginformasikan sesuatu atau untuk persuasi.

Saya akan tunjunkkan salah satu teknik presentasi yang menurut saya keren dan dijamin bikin melek.

Ceritanya, hari Sabtu kemarin (19/12/2015), saya ikut acara Pesta Wirausaha (PW) komunitas Tangan di Atas (TDA) Tangerang Raya.

Salah satu presenternya adalah Wisnu Sakti Dewobroto. Beliau ini adalah CEO Gajah Mungkur dan juga seorang dosen.

Dalam menyampaikan presentasinya, Wisnu Sakti memboyong grup bandnya yang bernama Revenue. Presentasi disampaikan dengan diselingi beberapa lagu yang cukup familiar di telinga audiens.

band wisnu sakti dewobroto

Wisnu Sakti Dewobroto and the band (Foto dari https://www.facebook.com/zainal.arivin.18)

Tapi, perlu diingat bahwa lagu-lagu itu tidak sekadar dipilih. Melainkan yang sejalan dengan topik yang sedang dibawakan.

Contoh, ketika membahas tentang perlambatan ekonomi Indonesia dan bagaimana seharusnya entrepreneur menyikapinya. Saat itu diselingi lagu “Sheila on 7” yang berjudul “Lapang Dada”.

Kau harus bisa bisa berlapang dada… Kau harus bisa bisa ambil hikmahnya… Karena semua semua tak lagi sama…

Bagaimana mau tidur atau sekadar cek facebook coba… hehehe

Sambil bernyanyi, audiens pun diajak ikut menyanyi dan bertepuk tangan. Keren pokoknya…

Teknik presentasi keren

Presentasi bisa menjadi sesuatu yang krusial bagi pebisnis, khususnya yang B2B atau business to business. Karena bisa jadi presentasi menjadi ujung tombak sebelum terjadinya penjualan atau kerjasama.

Mari kita lihat contoh sales funnel berikut:

contoh sales funnel

Contoh sales funnel

Dari sekian banyak promosi yang kita lakukan akan mendatangkan calon pelanggan yang nanya-nanya. Entah itu barang atau jasa yang kita tawarkan.

Dari yang nanya-nanya itu, akan ada yang benar-benar tertarik dan mungkin meminta kita melakukan presentasi. Nah, saat presentasi itulah kesempatan kita untuk melakukan persuasi terhadap calon pelanggan.

Nah, ada 3 hal keren yang mesti Anda miliki agar berhasil dalam presentasi, yaitu bahan yang keren, desain slide yang keren, dan teknik penyampaian yang keren.

Bagaimana membuat presentasi yang bisa memenangkan hati pelanggan dapat Anda baca di sini.

Untuk menyampaikan presentasi yang keren tentu tidak mesti memborong band seperti Wisnu Sakti Dewobroto. Apalagi jika tidak bisa main band. Contohnya saya, jangankan main gitar, bass, atau drum, nyanyi aja fales… hehehe.

Anda bisa menggunakan teknik presentasi Anda sendiri. Silakan bereksperimen dan mengeksplor materi presentasi Anda. Apa yang bisa dilakukan untuk dapat melibatkan audiens secara langsung, sehingga mereka tidak merasa ditinggalkan.

Atau bisa juga dengan teknik berikut:

  • Sampaikan dengan jelas manfaat apa yang akan didapatkan dengan segera oleh audiens setelah mengikuti presentasi Anda. Ingat pertanyaan yang senantiasa ada dalam benak audiens, yaitu WIIFM atau what’s in it for me? Apa sih untungnya audiens mendengarkan Anda? Jika Anda bisa menyampaikannya dengan jelas, yakin audiens akan bersama Anda.
  • Tampillah dengan antusias, karena antusias itu menular. Kalau Anda tampil antusias, besar kemungkinan audiens Anda juga akan antusias mengikuti presentasi.

Masih banyak lagi teknik presentasi keren yang bisa Anda temukan di MasterPresentasi.com.

Selamat mencoba… Sukses closing dengan presentasi Anda berikutnya.