Surat lamaran kerja adalah hal pertama yang mewakili Anda kepada calon pemberi kerja. Lantas, bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik agar lamaran Anda tidak langsung menuju tempat sampah atau ditumpuk saja dan tidak dilirik lagi?

Berdasarkan pengalaman saya dalam mengirim ataupun membaca surat lamaran kerja, ada beberapa kriteria yang dibutuhkan agar menjadi surat lamaran kerja yang baik. Apa saja?

  • Singkat dan jelas
    Surat lamaran kerja Anda harus sesingkat mungkin, karena biasanya orang yang membacanya tidak punya waktu yang banyak untuk membaca satu surat lamaran. Apalagi jika pendaftarnya ribuan. Jelas dalam artian dapat menjelaskan secara jelas kemampuan yang Anda miliki dan kesesuaiannya dengan kebutuhan perusahaan.
  • Tampil rapi dan menarik
    Pakailah aplikasi komputer untuk menulis surat lamaran Anda, misal microsoft word. Perhatikan margin, penggunaan paragraf, kelurusan, dll agar surat lamaran Anda tampil rapi dan menarik. Ini bisa menjadi nilai tambah bagi lamaran Anda.
  • Baca ulang, jangan sampai ada kesalahan
    Sebelum diprint, baca kembali surat lamaran Anda. Jangan sampai ada kesalahan penulisan yang dapat merugikan Anda di kemudian hari. Sering terjadi pada surat lamaran yang copy-paste dari punya orang atau tempat lain, ada saja bagian yang lupa diganti. Oleh karena itu, cek lagi, pastikan semuanya sudah benar.
  • Jangan memakai huruf yang aneh-aneh
    Rekomendasi saya sih pakai saja times new roman atau arial. Ingat, Anda sedang ingin melamar pekerjaan. Jadi, penggunaan huruf yang aneh atau kombinasi warna pada tulisan sebaiknya dihindari.

Itulah beberapa kriteria surat lamaran kerja yang baik. Contoh surat lamaran kerja pernah saya tulis pada postingan sebelumnya.

Hal lain yang dapat mendukung untuk memenangkan persaingan kerja dapat Anda baca di buku saya “7 Rahasia Memenangkan Persaingan Kerja“.

Tulisan Lainnya:

Kuliah Sambil Kerja Tidak semua kita beruntung bisa kuliah dengan uang yang mencukupi, kiriman datang tepat waktu dan cukup hingga kiriman berikutnya datang. Untuk menyia...
Berburu Batik Hingga Keris di PPKI 2012 Apa sih PPKI itu? Apakah ini hubungannya dengan pelajaran sejarah? Tentu saja tidak, PPKI di sini adalah Pekan Produk Kreatif Indonesia. Acaranya di E...
3 Tips Menjaga Akun Facebook atau Twitter dari Hacker Pernahkan akun Facebook atau Twitter Anda dibajak oleh hacker? atau mungkin teman Anda yang mengalaminya? Mungkin ada yang pernah mengalami tiba-tiba ...