Tidak seperti biasanya, saya ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada hari Jum’at. Maklumlah, sedang ada perhelatan Mubes dan Silatnas 2 Ikatan Alumni SMAN 200/1 Watansoppeng dua hari berturut-turut, 22-23 Januari 2016.

Pagi-pagi sekali saya sudah siap-siap, izin dari kantor sudah di kantong, dan kaos seragam alumni 97 sudah siap. Perjalanan menuju TMII pun bisa dikatakan lancar, meski ada beberapa titik macet di jalan tol.

Hari Jum’at itu, agenda utama adalah Mubes untuk membahas AD/ART Ika, mendengar pertanggungjawaban pengurus 2012-2016, dan pemilihan ketua umum Ika yang baru periode 2016-2020. Di mubes ini masing-masing angkatan diwakili cukup 3 orang saja. Mengingat ruangan yang terbatas dan jumlah keseluruhan alumni yang hadir di TMII sekitar 600 orang lebih.

Antusias alumni pada acara ini memang luar biasa. Mereka datang dari berbagai penjuru tanah air. Ada yang dari Babel, Kalimantan, Makassar, Soppeng tentu saja, dan ada juga dari Tangerang Selatan… hehehe. Angkatannya pun macam-macam, mulai dari alumni 77 hingga 2000.

IKA SMAN 200/1 Watansoppeng

BroSis alumni 97… (foto by tongsis barunya Bro Anca)

Mereka datang dengan semangat silaturahim dan tentu saja ketemu teman-teman lama. Berbagai cerita-cerita baru sembari mengingat kisah-kisah lama. Tak heran jika ada yang katanya sampai lupa umur bahkan berbunga-bunga lagi bertemu odo’-odo’ jaman SMA.

Acara mubes berjalan lancar, dipimpin oleh SC yang tidak diragukan lagi kemampuannya. Ada Kanda Prof. Pawe sebagai ketua, Kanda Dr. Sakka Pati mendampingi, dan Kanda Anwardin selaku notulen. Pembahasan tata tertib, AD/ART, pemaparan laporan pertanggungjawaban pengurus, program kerja Ika, dan rekomendasi dapat diselesaikan dengan baik dengan persetujuan seluruh peserta yang hadir.

IKA SMAN 200/1 Watansoppeng

Pimpinan Mubes IKA SMAN 200/1 Watansoppeng (foto by Bro Sultan)

Acara terakhir Jum’at sore itu adalah pemilihan Ketua Umum Ika yang baru periode 2016-2020. Secara aklamasi, tanpa melalui prosedur yang berbelit-belit, seluruh peserta mubes setuju untuk memilih kembali Kanda Irjen Pol. Dr. H. Burhanuddin Anda, SH, MH. sebagai Ketua Umum.

Malam harinya, acara dilanjutkan dengan ramah tamah yang berlangsung di anjungan Sulawesi Selatan. Begitu banyaknya alumni yang datang, sampai-sampai tidak semua bisa duduk dan memilih berdiri di sekitar tempat acara.

Selain dihadiri Ketua Umum terpilih, ramah tamah alumni malam itu juga dihadiri oleh Bapak Bupati Soppeng yang baru terpilih. Beliau juga merupakan alumni SMAN 200/1 Watansoppeng angkatan 1986 (maaf kalau angkatan salah).

Esok harinya, Sabtu, 23 Januari 2016, acara Silatnas pun digelar. Dimulai dengan devile peserta, mulai dari angkatan 70an hingga 2000an. Juga dirangkaikan dengan pengukuhan Ketua Umum Ika yang baru oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Watansoppeng.

IKA SMAN 200/1 Watansoppeng

Kanda2 alumni 82 (foto by Bro Sultan)

IKA SMAN 200/1 Watansoppeng

Kanda2 alumni 86 (foto by Bro Sultan)

Pada pidato pengukuhannya, Ketua Umum yang baru menyampaikan keyakinannya untuk kembali menerima sebagai ketua karena melihat antusiasme alumni dan kebersamaan yang ditunjukkan. Begitu banyaknya alumni yang rela datang jauh-jauh ke TMII membuat beliau yakin tidak sendiri dalam mengurus Ika ini.

IKA SMAN 200/1 Watansoppeng

Pelantikan Ketua Umum IKA SMAN 200/1 Watansoppeng 2016-2020 (foto by Bro Sultan)

Bersama-sama, saling bantu, beliau yakin tujuan adanya Ika SMAN 200/1 Watansoppeng dapat diwujudkan. Itulah sebenarnya hakekat sebuah organisasi. Bukan sekadar sekumpulan orang dengan tujuan sama. Tapi, lebih dari itu, juga bersama mewujudkan tujuan. Itulah harapan masa depan yang dikukuhkan dalam acara silatnas 2 kemarin.

IKA SMAN 200/1 Watansoppeng

Ketua Umum bernyanyi didampingi artis KDI (foto by Bro Sultan)

Sebagai hiburan, selain persembahan lagu dari beberapa kanda-kanda, juga hadir 2 artis KDI. Acara siang itu pun larut dalam suasana kehangatan dan keakraban. Semoga jalinan silaturahim akan terus berlanjut dan harapan-harapan yang telah dikukuhkan dalam mubes dan silatnas 2 ini dapat kita wujudkan bersama.

Sampai jumpa di acara-acara Ika selanjutnya…

IKA SMAN 200/1 Watansoppeng

Ayo… siapa yang bisa baca tulisan lontara di spanduk. Buktikan, kamu masih ingat pelajaran SMP… xixixi