Select Page
Menjaga dan Melatih Kecerdasan Otak

Foto : ddpavumba / freedigitalphotos.net

Menjaga dan Melatih Kecerdasan Otak adalah cara tepat agar otak Anda terus mengalami pertumbuhan, bahkan hingga usia senja. Dengan otak yang selalu mengalami pertumbuhan, maka resiko terjadi pikun akan jauh berkurang di hari tua. Bisakah ini dilakukan? Tentu saja bisa. Tulisan ini menjelaskan kepada Anda bagaimana ajaibnya otak Anda hingga mampu terus melakukan pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan.

Gambaran ini disampaikan oleh para ilmuwan dari Amerika Serikat, yakni dari University of California, Barkeley. Mereka melakukan penelitian dengan menggunakan tikus sebagai media ujicoba. Pada kenyataannya, tikus yang dikurung selalu berusaha mencari jalan keluar. Uniknya, selama berlatih itu otak tikus mengalami pengembangan dan tumbuh seiring dengan uji coba yang dilakukan tikus setiap waktu.

Sebagai manusia yang diciptakan sempurna, maka otak manusia bekerja lebih kompleks dari pada otak tikus. Otak yang selalu digunakan berpikir, mengingat ditunjang dengan psikis yang bagus, dapat selalu selalu mengalami pengembangan dan pertumbuhan. Berikut kami sampaikan bagaimana merawat dan menjaga otak kita dapat bekerja dengan baik sekaligus agar terus mengalami pengembangan.

Mempertjam Latihan Mengamati

Ditengah kesibukan anda, tetap luangkan waktu untuk relaksasi sekaligus melatih otak agar kemampuannya terjaga dengan baik. Latihan atau olahraga otak yang kami sarankan adalah mempertajam kemampuan pengamatan Anda. Rekap setiap kejadian yang ada di pandangan Anda, lakukan relaksasi, teruskan dengan observasi lanjutan ataupun rumit untuk menghasilkan analisis dari otak Anda.

Pertajam Panca Indra

Ini bisa jadi pelatihan otak yang menyenangkan. Ya, setiap ada makanan baru dan Anda tertarik untuk merasakannya, seperti tantangan Anda untuk melakukan wisata kuliner, menemukan rasa-rasa baru dan merekam serta mengingatnya di otak Anda adalah bagian dari olahraga otak yang menyenangkan. Pertajam juga indra yang lain, seperti indra pendengaran terhadap bunyi-bunyi, penciuman dengan meghafal wewangian atau bau-bau lainnya, dan indra yang lainnya.

Hafalkan Nama Teman, Lebih Baik dengan Nomer Teleponnya

Jangan ragu menanyakan nama lengkap teman Anda, hafalkan dan coba ingat selalu. Latihan ini membuat otak Anda mampu meregenerasi sel sekaligus menghangatkan pertemanan Anda.

Temukan dan Pelajari Hal-Hal Baru

Hal-hal baru dapat memberikan kesegaran pengetahuan otak kita. Hal ini membuat massa otak terus tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan ini sangat baik untuk kebugaran otak.

Gunakan Kombinasi Bahasa Tubuh Saat Bicara

Saat bercengkrama, pertajam kemampuan bicara Anda dengan bahasa tubuh yang baik. Seperti pergerakan tangan, mimik, tubuh, wajah dan lain sebagainya. Hal ini dapat memperkuat ketajaman ingatan Anda. Di samping itu, kombinasi bahasa tubuh saat berbicara juga dapat memperkuat komunikasi yang kita lakukan.

Nikmati dan Tekuni Hobi

Menekuni hobi memberikan dampak sangat baik pada kondisi psikis, dimana semangat, adrenalin, kesenangan, serta kenyamanan akan hadir. Menekuni hobi menjadikan otak sangat rileks sekaligus bertumbuh seiring dengan rekaman otak saat menekuni hobi tersebut.

Hafalkan Tanggal-Tanggal Penting dan Mempelajarinya

Setiap tahun banyak sekali momen penting yang tercatat di kalender kita, baik itu terkait momen internasional, momen nasional, momen keagamaan, momen keluarga, atau momen orang-orang terdekat Anda. Sangat lebih baik Anda mulai tidak cuek dengan hari-hari penting tersebut dan perlahan mulailah memahaminya, sehingga Anda merasakan bergulirnya waktu Anda memahami momen-momen berharga tersebut.

Sebetulnya banyak sekali cara melatih kebugaran otak agar dapat terjaga dengan baik dan dapat berkembang. Cara lain itu seperti menghafal hitungan bolak-balik dari depan dan belakang, menghafalkan hal-hal yang menyenangkan hati Anda, dan berbagai kegiatan otak lain yang membuat kondisi psikologis Anda nyaman dan sehat. Yang terpenting adalah Anda dapat memanfaatkan secara baik kemampuan otak Anda dengan Menjaga dan Melatih Kecerdasan Otak agar dapat berkembang secara berkesinambungan.

*) Ditulis ulang dari artikel http://www.gelombangotak.com/Melatih_daya_ingat_kecerdasan_otak.htm