Select Page

Siapa yang tak mengenal kurma. Buah gurun ini begitu mashur dan digemari oleh sebagian besar orang di tanah air, apalagi ketika memasuki bulan ramadhan. Kurma merupakan salah satu pilihan favorit bagi muslim yang sedang berpuasa ketika berbuka.

Buah yang berwarna coklat ini belum bisa diproduksi secara massal di Indonesia, melainkan impor dari beberapa negara khususnya Timur Tengah.

Jenis Kurma

Nah, berikut beberapa jenis kurma yang bisa Anda jumpai di pasaran.

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa

Kurma ajwa adalah jenis kurma kesukaan Nabi dan juga yang paling diminati oleh umat muslim di dunia. Ciri-ciri kurma ajwa yang asli adalah:

  • Warnanya hitam pekat
  • Ada beberapa garis kecil
  • Baunya wangi
  • Rasanya sedang, tidak terlalu manis

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda terkait kurma ajwa ini:

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” HR. Bukhari

Kurma Burhi

Kurma Burhi

Kurma Burhi

Kurma burhi berasal dari negara Arab Saudi. Bentuknya bulat dan rasanya cukup manis, makanya ada yang sering menyebutnya sebagai “bola madu”. Kurma jenis ini memiliki warna coklat muda. Sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sehat sehari-hari.

Kurma Khalas

Kurma Khalas

Kurma Khalas

Kurma jenis ini berasal dari negara Uni Emirat Arab. Kurma khalas berbentuk lonjong dengan ukuran yang agak kecil dibanding jenis kurma lainnya, namun memiliki daging yang lembut dan manis. Harga kurma khalas cukup terjangkau sehingga termasuk jenis yang laris di masyarakat.

Kurma Lulu

Kurma Lulu

Kurma Lulu

Kurma yang memiliki nama mirip seorang gadis kecil ini berasal dari negara Uni Emirat Arab. Bentuknya bulat dengan warna coklat agak tua yang membuatnya menyerupai kurma ajwa. Dagingnya terasa lembut dan sedikit liat. Rasa manisnya sedang, sehingga banyak digemari oleh penikmat kurma yang tidak menyukai rasa manis.

Kurma Mesir

Kurma Mesir

Kurma Mesir

Sesuai dengan namanya, jenis kurma ini berasal dari negara Mesir. Kurma jenis ini rasanya manis dan dagingnya lembut. Cocok untuk menu buka puasa, hidangan tamu, maupun untuk camilan sehari-hari.

Kurma Ruthab

Kurma Ruthab

Kurma Ruthab

Jenis kurma ini biasa juga disebut kurma muda, karena dipetik saat masih muda. Warnanya hitam pekat, dagingnya lembut, empuk dan rasanya manis. Kurma ini bisa dikategorikan sebagai kurma basah.

Kurma ruthab juga dikenal dapat meningkatkan kesuburan, sehingga sangat cocok dikonsumsi pasangan yang sedang berupaya memiliki momongan. Kandungan nutrisinya yang cukup tinggi juga bagus untuk ibu hamil atau sedang menyusui.

Kurma Sukkari

Kurma Sukkari

Kurma Sukkari

Kurma ini sering juga disebut sebagai kurma raja karena ukurannya yang besar. Dagingnya lembut, kulitnya berwarna kuning ranum, dan rasanya manis.

Jenis kurma ini cukup terkenal di Arab dan dunia yang konon memiliki khasiat dapat meningkatkan vitalitas kaum pria.

Kurma Sullaj Mubrom

Kurma Sullaj Mubrom

Kurma Sullaj Mubrom

Kurma ini adalah jenis premium yang berasal dari negara Arab Saudi. Rasa manisnya pas, legit, juga lembut. Warnanya merah kecoklatan dan mengkilat. Kurma jenis ini belum begitu dikenal di tanah air, namun sekali mencicipi, dijamin akan ketagihan.

Kurma Tunis

Kurma Tunis

Kurma Tunis

Sesuai dengan namanya, Anda tentu sudah bisa menebak kalau jenis kurma ini berasal dari negara Tunisia. Kurma tunis identik dengan kurma yang ada tangkainya. Warnanya coklat cerah, dagingnya liat dan agak renyah. Rasa manisnya juga pas.

Kurma tunis ini termasuk yang paling familiar bagi keluarga Indonesia. Kurma ini bisa dimanfaatkan dalam momen apa saja. Suguhan tamu, oleh-oleh, hidangan untuk buka puasa, bahkan hidangan lebaran.

Nah, demikianlah beberapa jenis kurma yang dapat Anda beli di pasaran dan rasakan kenikmatan rasanya. Baik itu sebagai cemilan atau hidangan berbuka puasa.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Selain enak dimakan, kurma juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaatnya sebagaimana dikutip dari almanhaj.or.id.

  • Kurma kering atau tamr dapat membantu menguatkan rahim terutama ketika akan melahirkan.
  • Ruthab atau kurma basah mengandung hormon oxytocine yang berfungsi membantu ketika wanita melahirkan dan menyusui.
  • Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan bayinya.
  • Buah kurma, baik tamr maupun ruthab dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.
  • Membantu melancarkan saluran kencing.
  • Kurma Ajwah dapat digunakan sebagai alat ruqyah dan mencegah dari ganguan jin.
  • Memiliki kandungan air dan gula yang cukup sehingga sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa.
  • Kurma dapat mencegah stroke.
  • Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.
  • Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula.

Sudah konsumsi kurma hari ini?

*) Foto kurma diambil dari demuria.co.id