Gambar dari unsplash.com

Gugup ketika menghadapi wawancara kerja adalah sesuatu yang wajar. Ini mirip saat menghadapi public speaking. Sebagian besar orang akan merasa gugup. Bahkan orang yang sudah sering tampil sekalipun akan merasa gugup.

Jika Anda melakukan hal-hal yang saya uraikan di tulisan sebelumnya, itu akan banyak menolong. Karena persiapan yang matang akan meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi gugup.

Apa yang terjadi ketika kita gugup?

Mulut terasa kering.

Nafas cepat dan dangkal.

Keringat dingin.

Gemetar.

Itu semua bisa mengganggu kemampuan bicara Anda. Kalau tidak diatasi, kemungkinannya Anda akan kewalahan saat wawancara.

Bernafas cepat dan dangkal ketika gugup menyebabkan udara yang masuk ke dalam tubuh tidak mencukupi. Ketika udara yang masuk tidak mencukupi, perasaan menjadi tidak nyaman, akibatnya bicara jadi tidak efektif.

Ketika Anda merasa bicara secara tidak efektif, perasaan tidak nyaman semakin bertambah, dan nafas jadi cepat dan dangkal. Siklusnya akan begitu terus jika Anda tidak berhasil mengatasinya.

Kabar baiknya, dengan mengubah cara bernapas semua gejala tersebut di atas bisa diatasi.

Salah satu teknik yang bisa Anda gunakan adalah teknik pernafasan 4-7-8. Teknik ini dikembangkan oleh Dr. Andrew Weil, seorang dokter dan penulis.

Berikut cara melakukannya:

  • Duduk nyaman yang tegak. Posisikan ujung lidah Anda di bagian atas mulut, tepat di belakang gigi depan.
  • Ambil nafas melalui hidung Anda selama 4 hitungan.
  • Tahan nafas Anda selama 7 hitungan.
  • Buang nafas Anda secara perlahan dengan mengeluarkan suara “wooosh” melalui mulut dalam 8 hitungan.
  • Ulangi prosesnya sekitar 2 menit.

Meskipun cara ini bisa langsung terasa manfaatnya untuk meredakan gugup sesaat sebelum wawancara, banyak ahli yang menyarankan untuk melatihnya setiap hari. Dengan demikian manfaatnya akan lebih besar dalam mengontrol rasa gugup.

Mengapa teknik ini bisa berhasil mengatasi gugup?

Dengan menarik nafas Anda selama 4 hitungan berarti memasukkan oksigen yang cukup ke dalam tubuh. Kemudian, dengan menahannya selama 7 hitungan, Anda memberi waktu yang memadai agar oksigen dapat diserap oleh darah dan memberi energi pada semua organ tubuh yang memerlukan.

Terakhir, Anda mengeluaskan nafas selama 8 hitungan untuk memastikan Anda membuang sebanyak mungkin karbon dioksida dari dalam tubuh Anda.

Ketika semua organ tubuh mendapatkan oksigen yang cukup, perasaan menjadi nyaman, dan bicara menjadi lebih efektif.

Demikian cara mengatasi gugup dan tampil percaya diri saat wawancara kerja. Semoga bermanfaat buat Anda…

Tulisan Lainnya:

Contoh Jawaban Wawancara Kerja Foto dari stockunlimited.com Pada postingan sebelumnya, sudah saya tuliskan 3 contoh pertanyaan menjebak dalam wawancara kerja dan bagaimana cara ...
3 Pertanyaan Menjebak dalam Wawancara Kerja Pernahkah Anda merasa bingung harus menjawab apa dalam suatu wawancara kerja? Saya pernah, dulu. Pertanyaan yang diajukan rasanya seperti jebakan. Mau...
Contoh Pertanyaan Umum Wawancara Kerja untuk Freshgraduate Ada banyak kemungkinan pertanyaan yang dapat diajukan saat wawancara kerja. Tergantung dari posisi, pengalaman, bidang, dll. Kali ini saya akan men...