Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami
Gambar dari pxels.com

Pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” sering kali diajukan saat wawancara kerja. Beberapa kali saya mengikuti tes wawancara, pertanyaan ini selalu muncul. Bisa dikatakan ini adalah salah satu pertanyaan favorit.

Dan menjawabnya karena “kebetulan saya sedang mencari pekerjaan dan menemukan iklan lowongannya di internet”, bukanlah jawaban yang cukup memadai untuk dikatakan.

Kenapa pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” diajukan?

Mungkin ada di antara Anda yang berpikir, bukankah ini sudah jelas?

Saya sedang butuh pekerjaan dan Anda butuh karyawan. Sangat simple.

Walaupun nampaknya sudah jelas dan sangat simple, tapi percayalah tidak sesimpel itu jawaban yang diharapkan oleh pewawancara.

Pewawancara ingin mengetahui apakah Anda kandidat yang memiliki tujuan dalam berkarir. Memiliki ketertarikan yang mendalam terhadap pekerjaan dan perusahaan, sehingga nantinya akan menjadi karyawan yang penuh motivasi dalam melaksanakan tugas.

Selain itu, jawaban Anda juga akan menunjukkan apakah Anda melakukan riset terhadap perusahaan sebelum mengikuti wawancara kerja. Atau sekadar datang saja tanpa persiapan apa-apa.

Jawaban yang sebaiknya dihindari

1. Terlalu lugu

Dalam beberapa tulisan, saya selalu menyampaikan agar selalu menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan jujur, sesuai dengan kondisi Anda. Namun begitu, tidak berarti jawaban Anda terlalu lugu untuk pertanyaan yang satu ini.

Misalnya,

Saya sudah cukup lama mengirimkan lamaran pekerjaan ke banyak perusahaan dan ini termasuk salah satu dari sedikit perusahaan yang merespon lamaran saya.

2. Terlalu klise

Dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja, ada jawaban yang akan terkesan klise karena sifatnya yang terlalu umum dan sering digunakan.

Bisa dipahami sih, karena banyak sekali web atau blog yang membahas contoh jawaban wawancara kerja. Dan sebagian besar pembacanya sekadar copy-paste contoh jawabannya dengan minim atau bahkan tanpa modifikasi.

Misalnya,

Karena perusahaan ini perusahaan besar dan saya ingin menjadi bagian darinya.

Ya, ini umum dan sering dipakai sebagai jawaban. Anda ingin berbeda di tengah kerumunan kan? Sehingga, pewawancara akan menyadari keberadaan Anda.

Bagaimana menjawab pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”

Untuk bisa menjawab pertanyaan ini dengan memukau, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan. Dengan memiliki pengetahuan yang memadai terhadap perusahaan, Anda akan dapat memberi jawaban yang menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang cocok dengan visi dan misi perusahaan atau peluang dan tantangan yang dihadapi perusahaan saat ini.

Berikut tips bagaimana merespon pertanyaan ini:

Kaitkan tujuan Anda dengan visi dan misi atau peluang dan tantangan perusahaan

Coba Anda catat visi dan misi perusahaan yang Anda jumpai dalam website atau media lainnya. Apa saja peluang dan tantangan yang dihadapi perusahaan saat ini. Kemudian kaitkan hal tersebut dengan tujuan pribadi Anda. Bagaimana tujuan Anda sejalan atau bisa mendukung tercapainya tujuan perusahaan.

Misalnya, visi perusahaan menjadi penyedia jasa pengolahan data seismik nomor satu di Indonesia. Kaitkan visi tersebut dengan tujuan Anda menjadi ahli pengolahan data seismik. Bagaimana keterampilan yang Anda miliki dapat mendukung tercapainya visi perusahaan.

Fokus pada hal-hal yang terkait erat dengan Anda

Saat riset terhadap perusahaan, Anda mungkin menemukan beberapa hal terkait visi dan misi perusahaan. Fokuskan perhatian Anda pada hal-hal yang terkait erat dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang Anda miliki.

Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Berikut ini beberapa contoh jawaban:

Contoh 1:

Kita kembali ke visi perusahaan menjadi penyedia jasa pengolahan data seismik nomor satu di Indonesia.

Saya membaca di website bahwa perusahaan ini memiliki visi menjadi penyedia jasa pengolahan data seismik nomor satu di Indonesia. Skill dan pengalaman saya mengolah data seismik di beberapa cekungan migas Indonesia rasanya sangat cocok dan dapat berkontribusi untuk mewujudkan visi perusahaan.

Contoh di atas menggunakan salah satu visi perusahaan kemudian mengaitkan dengan keterampilan dan pengalaman yang dimiliki.

Contoh 2:

Saya tahu perusahaan Anda saat ini sedang berusaha memperluas pasar hingga ke Indonesia Timur. Dengan pengalaman saya di bidang pemasaran selama 5 tahun terakhir, saya yakin bisa membantu perusahaan mewujudkan keinginan tersebut.

Contoh di atas menggunakan peluang dan tantangan yang dihadapi perusahaan saat ini.

Demikianlah ulasan tentang pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami” beserta contoh jawabannya.

Related Post

Cara Menjawab Pertanyaan Negatif Saat Wawancara Ke... Pertanyaan negatif wawancara kerja (Image by Tumisu from Pixabay) Dalam wawancara kerja, ada kalanya Anda dihadapkan pada pertanyaan yang nampakny...
Contoh Jawaban Rencana 5 Tahun ke Depan Saat Wawan... Foto dari Pexels.com Kalau Anda pernah mengikuti proses wawancara kerja, mungkin pernah mendapati pertanyaan “Apa rencana 5 tahun ke ...
Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Saat In... Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Saat Interview. Gambar dari unsplash.com Pertanyaan "ceritakan tentang diri Anda" kerap diajukan pertam...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *