Mencicipi Makanan Khas Kampung Halaman di Pondok Makassar, BSD

Saya terlelap sehabis main pingpong bersama Bapak-bapak komplek. Lumayan menguras tenaga pertandingan di Minggu pagi tadi. Meskipun kalah rubber set, paling tidak bakar kalorinya dapat… Hehehe.

Menjelang jam tiga sore, saya baru terjaga. Capek hilang, timbul lapar. Bak gayung bersambut, istri saya ngajak makan di luar. Tujuan kami adalah Pondok Makassar. Salah satu rumah makan di BSD yang menyediakan masakan khas Makassar tentunya.

Pondok Makassar ini letaknya tidak jauh dari rumah kami. Sekitar 15 menitlah menggunakan gerobak besi. Tepatnya berada di Ruko Golden Vienna, BSD City.

Ada beragam menu makanan khas Makassar di sini. Mulai dari Coto Makassar, Sop Saudara, Sop Ubi, hingga Es Pisang Ijo. Sore itu, saya memesan Sop Ubi ditambah Buras, Kaka memesan Coto Makassar, dan istri saya dan Pendekar Kali Angke memesan Bandeng Pallumara yang porsinya cukup buat berdua.

Saya kebetulan gemar dengan Sop Ubi. Di beberapa kesempatan saya selalu memesan menu ini. Menu lain kesukaan saya adalah Sop Paru Goreng dan Coto Makassar pakai daging saja. Namun, karena saya sedang berusaha singset, menu daging dan jeroan saya pending dulu.

Di beberapa tempat makan lain, Pallumara ini ada juga yang menggunakan nama Pallukacci. Bedanya, kalau Pallumara itu menggunakan asam, sedangkan Pallukacci itu menggunakan mangga kering. Jadi, bandeng pesanan istri ini sebenarnya Pallukacci, karena memakai paccukka mangga (mangga kering).

Yang khas dari Sop Ubi ini adalah adanya kacang tanah goreng yang membuatnya krenyes-krenyes saat dikunyah. Sebagai tambahan dari ubinya saya memesan Buras. Mungkin ada yang protes, itukan singkong, bukan ubi… Hehehe.

Di Sulawesi Selatan secara umum, singkong itu disebut ubi. Sedangkan, ubi disebutnya ubi jalar. Itu juga yang sering jadi kesalahpahaman saat saya beli gorengan di Jakarta dan Tangsel.

Sop ubi datang dengan bumbu tambahan yang bisa diracik sendiri, seperti garam, kecap, sambal, dan yang selalu ada di menu berkuah ala Bugis-Makassar adalah jeruk nipis. Setelah ditambah ini itu, rasa Sop Ubinya jadi semakin massipa…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top