Wawancara merupakan salah satu tahapan yang cukup penting dalam penerimaan karyawan. Pada tahap ini terjadi interaksi secara langsung antara pelamar dan pemberi kerja. Seorang pewawancara bisa menilai secara langsung calon karyawan secara keseluruhan. Bukan hanya dari jawaban yang dilontarkan, melainkan penampilan dan bahasa tubuh juga bisa jadi obyek penilaian.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menarik perhatian saat wawancara. Agar segala usaha Anda mulai dari membuat surat lamaran kerja yang baik, mengikuti tes tertulis, tidak sia-sia akibat gagal di wawancara.

Pada postingan saya sebelumnya, saya sudah menuliskan tips berbicara saat wawancara kerja. Kali ini saya ingin mengulas secara luas bagaimana menarik perhatian saat wawancara.

  • Muncullah dengan penampilan terbaik. Mungkin pernah mendengar istilah “don’t judge a book by it’s cover“. Saat mengikuti wawancara jangan pakai istilah itu, karena kesan pertama yang timbul akan sangat menentukan proses selanjutnya. Jadi, tampillah yang terbaik. Terbaik untuk situasi wawancara, jangan berlebihan. Perhatikan dress code pada undangan wawancara yang Anda terima. Jika tidak ditentukan, pakailah kemeja berwarna lembut dan celana kain warna gelap.
  • Jagalah eye contact dengan pewawancara. Saat mendengar pertanyaan atau menjawab, jagalah eye contact dengan pewawancara secara wajar. Jangan menunduk terus, sehingga kesannya Anda kurang percaya diri atau menatap secara terus menerus seakan-akan Anda menantang. Sewajarnya saja.
  • Jawablah secara singkat dan relevan. Pernahkan Anda ditanya sesuatu yang kurang jelas kemudian menjawab bertele-tele ke sana kemari tak jelas? Jika ada pertanyaan yang tidak jelas minta diulangi saja, kemudian jawablah pertanyaan secara singkat dan relevan atau mengena dengan pertanyaan. Jangan karena ingin terlihat pintar lantas menjawab panjang lebar yang akhirnya malah membingungkan pewawancara.
  • Jangan terlalu menggebu-gebu. Kadang, karena terlalu semangat jadinya menggebu-gebu. Akhirnya, seakan-akan Anda ingin mendominasi jalannya wawancara. Jagalah irama bicara sehingga terjadi percakapan yang hangat antara Anda dan pewawancara.
  • Berlatihlah selalu. “Practise make perfect“. Semakin sering Anda berlatih tentu akan semakin lancar Anda melakukannya. Berlatihlah di depan cermin, ajukan pertanyaan-pertanyaan kepada diri Anda dan jawablah dengan sungguh-sungguh.

Demikianlah beberapa tips bagaimana tampil menarik saat wawancara. Semoga bermanfaat…

Tulisan Lainnya:

Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami Gambar dari pxels.com Pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” sering kali diajukan saat wawancara kerja. Beberapa kali saya me...
Bersiap Menghadapi Pertanyaan Negatif Saat Wawancara Kerja Gambar dari pexels.com Dalam wawancara kerja, ada kalanya kita dihadapkan oleh pertanyaan yang nampaknya akan mengekspos sesuatu yang bersifat neg...
Warna Pakaian Paling Cocok untuk Wawancara Kerja Foto dari Pixabay.com Mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pencari kerja. Hingga saat ini pun saya ma...