Select Page

Membuat hidup lebih bahagia. Gambar dari pixabay.com

The art of being happy lies in the power of extracting happiness from common things. – Henry Ward Beecher

Kebahagiaan bisa disebabkan oleh hal apa saja. Tidak melulu karena sesuatu yang luar biasa, seperti dapat promosi, kenaikan gaji, atau bisa ganti mobil baru. Hal-hal kecilpun bisa memicu perasaan bahagia.

Berikut ini 3 hal yang bisa Anda coba lakukan untuk membuat hidup atau hari-hari Anda lebih bahagia.

1. Syukuri hal-hal kecil yang Anda alami

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak hal kita alami yang mungkin lepas dari perhatian. Terjadi dan berlalu begitu saja. Padahal, mungkin saja hal itu bisa membuat kita lebih bahagia.

Mulai dari bangun pagi, ambil wudhu buat sholat subuh, keran air berfungsi dengan baik. Bayangkan kalau saja baru bangun tidur keran air sudah bermasalah. Begitu dibuka, eee tidak bisa ditutup lagi. Air jadinya mengucur terus. Dicabut terus disumbat juga masih ada air yang keluar. Mau beli keran baru masih subuh. Puyeng kan… hehehe.

Sudah mandi dan rapi jali, saatnya berangkat ke kantor. Motor sekali pencet tombol start langsung nyala. Jalanan lancar. Sampai stasiun kereta tepat waktu. Tak berselang lama keretanya masuk. Meskipun penuh dengan penumpang, alhamdulillah masih dapat pegangan tangan. Tiba di stasiun tujuan langsung pesan ojol. Tak lama menunggu abang ojolnya sudah mengabarkan kalau sudah tiba di titik jemputan.

Coba kalau baru saja jalan, ban motor kempes. Mesti didorong ke tambal bal yang ternyata belum buka karena masih pagi. Habis ditambal ternyata bensin habis, terpaksa dorong lagi ke SPBU. Sampai stasiun sudah agak siang, penumpang semakin penuh. Masih di dalam kereta dapat WA dari bos menanyakan pekerjaan. Pusing kan… hihihi.

Syukuri hal-hal kecil yang Anda alami.

Sering terjadi hal-hal kecil itu terasa sangat berharga ketika hilang. Barulah terasa betapa tidak menyenangkannya hidup ini.

Bagaimana cara agar dapat mensyukuri hal-hal kecil yang kita alami?

Perlu kesadaran dan pembiasaan.

Sadar ketika kita mendapatkan nikmat sekecil apapun dan biasakan untuk mengucapkan alhamdulillah atas nikmat tersebut.

Alhamdulillah perjalanan ke stasiun lancar.

Alhamdulillah dapat pegangan tangan dalam kereta.

Alhamdulillah cuaca cerah sekali.

Coba deh… Dan rasakan bagaimana perasaan bahagia yang timbul dalam diri Anda.

2. Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain

Salah satu yang dapat merusak kebahagiaan Anda adalah membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang lebih dari Anda. Lebih tampan, lebih pintar,  lebih singset, lebih kaya, lebih manis, lebih gaya, dll.

Tapi, katanya kalau ingin ada perkembangan harus ada perbandingannya.

Itu betul. Tapi, bukan dengan orang lain.

Kalau ingin berkembang, bandingkan diri Anda hari ini dengan diri Anda di masa lalu. Apakah sudah lebih baik? Apakah ada peningkatan?

Cara ini akan lebih membahagiakan Anda.

3. Berkontribusilah

Anda mungkin akan meragukan ini hingga mencobanya sendiri.

Apa benar berkontribusi, baik itu kepada orang lain atau lingkungan, dapat membuat lebih bahagia?

Dulu sewaktu kuliah, saya memiliki seorang kawan yang suka sekali membantu orang lain. Bahkan untuk hal-hal yang nampaknya merepotkan, seperti membantu install software, membetulkan komputer, dll.

Jangan salah paham, saya juga senang membantu. Tapi, dalam kadar yang tidak sama dengan kawan tadi.

Kawan saya ini tidak sekadar membantu, tapi berkontribusi. Membantu tanpa diminta. Memberi yang lebih. Dan ini bisa menimbulkan perasaan bahagia.

Bagaimana melakukannya?

Yang pertama mesti peka terhadap sesama dan sekitar. Peka melihat jika ada kawan atau siapa saja yang butuh bantuan. Peka melihat lingkungan sekitar yang memerlukan seseorang untuk turun tangan.

Yang kedua adalah keinginan untuk membantu. Kadang sudah tahu ada yang memerlukan bantuan, tapi kalau keinginan untuk membantu tidak ada ya tidak akan terjadi.

Pernah seorang kawan mengalami kesulitan membuat daftar isi dari tesis yang dibuatnya. Ternyata caranya masih manual. Kemudian saya bantu dengan menunjukkan cara membuatnya secara otomatis. Melihat ekspresi senangnya, timbul rasa bahagia. Padahal menurut saya itu biasa-biasa saja.

Lagi asyik duduk di kereta ada emak-emak yang berdiri dan nampak sangat letih. Tak ada salahnya merelakan tempat duduk untuknya. Anda akan merasa bahagia ketika melihatnya duduk dengan girang dan terlelap tak lama kemudian.

Demikinlah 3 hal yang bisa Anda coba lakukan saat ini juga untuk membuat hidup Anda lebih bahagia.

Selamat mencoba…