Select Page

 

Apakah kecepatan membaca Anda saat ini masih sama ketika kelas 5 SD?

Sebagian Anda mungkin menjawab “TIDAK MUNGKIN!”, saya kan sudah kuliah, bekerja, atau sudah bertahun-tahun membaca. Tidak mungkinlah kecepatan membaca saya masih sama dengan murid SD kelas 5.

Kebanyakan dari kita membaca dengan kecepatan 100 kata per menit, ini sama dengan kecepatan membaca murid kelas 5 SD. Ini terjadi karena kebiasaan kita membaca dengan melafalkan kata satu demi satu. Dan itu berlanjut menjadi kebiasaan. Jika tidak membaca dengan melafalkan rasanya sulit untuk memahami bahan yang dibaca. Saya pernah mengalami hal ini.

Pembaca berpengalaman yang belum pernah melalui pelatihan pengembangan membaca, mampu membaca dengan kecepatan sekitar 150 – 250 kata per menit. Perlu diingat, membaca dimaksud bukan sekadar membaca. Namun, membaca yang disertai pemahaman terhadap bahan bacaan.

Nah, balik lagi, kecepatan membaca Anda masuk kelompok mana?

Saya sudah mengukur kecepatan membaca saya dan hasilnya adalah 189 kata per menit dengan tingkat pemahaman terhadap bacaan 86%. Dengan mengacu hasil itu, berarti saya termasuk kelompok pembaca berpengalaman yang belum pernah mengikuti pelatihan pengembangan membaca. Saya memang belum pernah mengikutinya. Untungnya, tidak masuk kelompok kelas 5 SD ya… Hehehe.

Pertanyaannya kemudian, bisakah kecepatan membaca tersebut ditingkatkan dan apa manfaatnya?

Tentu saja bisa.

“Rata-rata setiap orang dapat membaca lebih dari 300 kata per menit, setelah pembelajaran sistematis bahkan bisa lebih dari 500 kata per menit.” ~Legentas

Jika saya membaca satu tulisan di blog yang terdiri dari 500 kata, dengan kecepatan 189 kpm maka saya membutuhkan waktu hampir 3 menit untuk membacanya. Jika membaca paling tidak tiga tulisan dengan jumlah total kata 1500, maka waktu yang saya perlukan adalah sekitar 8 menit. Jika bisa meningkatkan kecepatan membaca saya hingga 300 kpm, waktu yang diperlukan tinggal 5 menit saja. Bayangkan, waktu yang dihemat atau dengan waktu yang sama saya bisa membaca lebih banyak dan menyerap informasi lebih banyak juga tentunya.

Hari ini kita semua dikelilingi oleh banyak informasi yang datang dari televisi, koran, majalah dan terutama dari internet. Dahulu masalah yang terjadi diantara orang-orang adalah bagaimana untuk mendapatkan informasi secepat mungkin (jadi hal tersebut akan selalu memperbarui informasi yang dibutuhkan), sedangkan saat ini masalah yang terjadi adalah bagaimana menyerap suatu informasi secara cepat sebelum menyerap informasi yang lain. Saat menyerap informasi, tidak semua hal yang kita dapatkan relevan. Solusi yang memungkinkan untuk masalah ini adalah dengan menemukan sumber yang tepat dan mempelajari sumbernya. Di lain hal, kita tidak punya waktu atau kemampuan untuk mempelajari semua sumber. Sebagian masalah ini dapat dihilangkan dengan menyeleksi sumber mana yang lebih layak untuk dipelajari. Membaca cepat akan memberi Anda pemahaman untuk menghadapi sebagian masalah tersebut.

Legentas Indonesia akan membantu Anda belajar membaca 2x lebih efektif

Legentas Indonesia, proyek edukasi online membaca cepat (www.legentas.com/idn) di Indonesia, sebuah proyek edukasi metode membaca cepat yang berasal dari Republik Ceko, Eropa.

legentas indonesia

Legentas Indonesia

Aplikasi ini telah digunakan dalam bahasa Inggris, Ceko dan Slovakia selama lebih dari 1 tahun, dan saat ini sedang dikembangkan juga dalam bahasa Indonesia, Jerman, Rusia, dan Portugal. Beberapa penghargaan yang kami raih, salah satu adalah Ide Terbaik Bisnis Start Up di Republik Ceko tahun 2012.

Untuk memulainya Anda bisa mendaftar langsung di (https://www.legentas.com/idn/registration) secara gratis. Program ini akan memberikan Anda banyak keuntungan dalam hal membaca cepat dan efisien. Jika Anda mendaftar, Anda mendapatkan gratis :

  • Tes kecepatan membaca
  • Dasar-dasar membaca cepat
  • 3 Pelatihan pelajaran
  • Perlengkapan untuk membaca secara efisien

Tunggu apa lagi, segera daftar dan ketahui tingkat kecepatan membaca Anda.

Jika Anda merasa perlu meningkatkan kecepatan membaca Anda dan mengikuti pembelajaran hingga akhir, silakan upgrade keanggotaan Anda dan dapatkan sertifikat di akhir pembelajaran.

Saya telah membuktikannya!

Di Legentas terdapat 14 sesi pelajaran, yang setiap sesinya terdiri dari 4 bagian yaitu latihan meningkatkan rentang visual, teori membaca cepat, latihan pergerakan mata, dan tes kecepatan membaca dengan pemahaman.

Belajar membaca 100% lebih cepat melalui latihan interaktif dan beberapa penjelasan teori. Konten online membebaskan Anda untuk belajar kapan saja, di mana saja.

Belajar membaca 100% lebih cepat melalui latihan interaktif dan beberapa penjelasan teori. Konten online membebaskan Anda untuk belajar kapan saja, di mana saja.

Setelah mengikuti rangkaian pembelajaran hasil akhir saya adalah 461 kata per menit atau meningkat 144%. Tidak percaya? Berikut sertifikatnya.

Atau silakan ikuti kursusnya secara online dan buktikan sendiri… >> https://www.legentas.com/idn/registration

 

 

Related Post