Libur Natal dan Menginap di The Jayakarta Suite Hotel, Bandung

Sekitar pukul 05.30 di libur natal 2023, kami sekeluarga sudah bertolak ke Bandung. Melenceng 30 menit dari rencana perjalanan yang sudah dibuat oleh Kaka. Tujuan kami langsung menuju ke Mini Mania yang terletak di area Lembang.

Sekitar 3 jam perjalanan, kami diarahkan keluar tol oleh Waze. Melalui Kota Baru Parahiyangan kami terus melaju menuju tujuan. Pikiran saya, kami mungkin bisa sampai sesaat setelah tujuan wisata buka.

Harapan saya pupus ketika belokan ke kanan arah Mini Mania ditutup. Semua kendaraan diarahkan ke kiri ke arah Pusat Kota Lembang. Kami pun terjebak kemacetan. Mungkin antrian kendaraan masuk Floating Market, pikir saya. Namun, setelahnya pun jalanan masih enggan bergerak dengan lancar. Bahkan di beberapa titik kendaraan tidak jalan sama sekali.

Lebih dari satu jam kemudian kami baru mencapai Mini Mania. Antrian kendaraan di pintu masuk membuat saya khawatir, jangan-jangan parkir penuh. Setelah berputar tak jauh dari pintu masuk, kendaraan kami pun ikut antri. Kekhawatiran saya kemudian terjadi, seorang petugas menyilangkan tangan ke arah saya sambil teriak “penuh”.

Waduh… Mau tak mau kami pun balik arah menuju Bandung. Perjalanan menuju Bandung tak jauh berbeda dengan di Lembang. Maklum saja, lagi musim libur akhir tahun. Di tengah kemacetan, istri dan kedua anak saya sibuk memikirkan kita mau kemana. Karena hotel baru bisa masuk di jam 3 sore.

Setelah melewati perdebatan yang alot, pertimbangan yang matang, kemacetan yang tak ada celah, dan hari yang semakin siang, kami akhirnya setuju menuju ke Trans Studio Mall (TSM) Bandung.

Sekitar jam 12 siang kami tiba di TSM. Kami langsung menuju tempat makan. Kami memang mampir Rest Area untuk buang air kecil, tapi tidak makan karena sudah sarapan dan sisanya kami bawa dalam mobil.

Kelar sarapan dan sholat Dhuhur, kami langsung menuju area Trans Studio. Kami mencoba beberapa wahana sebelum menuju hotel.

Sekitar jam 5 sore kami pun meninggalkan TSM menuju hotel. Kami menginap di The Jayakarta Suite Hotel yang ini terletak di Jl Ir. H. Juanda No.381 A, Bandung. Saya sudah melakukan pemesanan melalui aplikasi sebelumnya.

Setelah check-in, kami pun menuju ke lantai 2 dimana kamar kami berada. Kamarnya cukup luas dan view menghadap kolam renang. Tadinya mau langsung berenang, tapi karena capek akhirnya ditunda ke keesokan harinya.

Kolam renangnya lumayanlah buat berenang. Juga ada kolam air hangatnya. Jadi sehabis berenang bisa berendam air hangat.

Pagi-pagi sekali sebelum berenang, saya jogging dulu sekitar hotel. Sekitar 3 km lutut rasanya sudah bergetar. Maklum saja, daerah Dago ini kebanyakan tanjakan. Sesampai di hotel, saya segera berganti kostum untuk berenang. Anak lelaki saya tak mau ketinggalan, sedangkan Kaka masih malas-malasan bangun.

Tak lama kemudian Kaka beserta istri saya bergabung ke kolam renang. Kaka ikutan berenang, sedangkan istri saya santai-santai saja di pinggir kolam sambil sesekali mengambil foto dan video kami.

Puas berenang, kami pun segera berganti pakaian untuk sarapan. Tempat sarapan ada di samping kolam renang. Karena kami hanya ambil satu kamar, sarapannya untuk 2 orang saja. Kaka dan adiknya sarapan di hotel, saya dan istri memutuskan sarapan di warung sekitar hotel.

Setelahnya kami bergegas check-out karena masih ada agenda kunjungan ke tempat wisata lainnya pagi itu…