Karir

Cara Menjawab Pertanyaan Negatif Saat Wawancara Kerja

Pertanyaan negatif wawancara kerja
Pertanyaan negatif wawancara kerja (Image by Tumisu from Pixabay)

Dalam wawancara kerja, ada kalanya Anda dihadapkan pada pertanyaan yang nampaknya akan mengekspos sesuatu yang bersifat negatif tentang Anda. Menjawabnya pun terkadang membuat bingung dan ragu-ragu.

Saya sendiri sering menyebut pertanyaan seperti ini dengan “pertanyaan jebakan betmen”. Kalau tidak hati-hati menjawabnya, justru akan memberikan kesan Anda bukan kandidat yang sesuai untuk pekerjaan tersebut.

Cara Mengatasi Gugup Saat Wawancara Kerja

Gugup saat wawancara kerja
Gugup saat wawancara kerja (Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)

Gugup saat menghadapi wawancara kerja adalah sesuatu yang wajar. Ini mirip saat menghadapi public speaking. Sebagian besar orang akan merasa gugup. Bahkan orang yang sudah sering tampil sekalipun akan merasa gugup.

Jika Anda melakukan hal-hal yang saya uraikan di tulisan sebelumnya, itu akan banyak menolong. Karena persiapan yang matang akan meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi gugup.

Hal-Hal Apa Saja yang Harus Dipersiapkan dalam Menghadapi Wawancara Kerja?

Hal-Hal Apa Saja yang Harus Dipersiapkan dalam Menghadapi Wawancara Kerja? (Photo by Gustavo Fring from Pexels)

Mendapatkan panggilan wawancara kerja adalah hal yang menggembirakan. Apalagi jika sudah lama belum mendapatkan pekerjaan dan sudah “rindu kesibukan”.

Makanya, kesempatan emas seperti ini tidak boleh dihadapi begitu saja dengan persiapan seadanya. Karena yang melamar posisi yang Anda inginkan bukan hanya Anda.

Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Saat Interview

Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Saat Interview
Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Saat Interview. Gambar dari unsplash.com

Pertanyaan “ceritakan tentang diri Anda” kerap diajukan pertama kali saat interview kerja. Kalau Anda sudah pernah ikut wawancara kerja, mungkin Anda pun mengalaminya.

Saya ingat dulu saat ikut interview di salah satu perusahaan di Jakarta, pertanyaan ini muncul pertama kali. Saat itu, saya belum ada pengalaman wawancara kerja. Sempat bingung juga mau cerita dari mana. Akhirnya, saya putuskan untuk menjawabnya mulai dari saya lahir di mana, sekolah di mana saja, hingga akhirnya bisa sampai ke Jakarta.

Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami
Gambar dari pxels.com

Pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” sering kali diajukan saat wawancara kerja. Beberapa kali saya mengikuti tes wawancara, pertanyaan ini selalu muncul. Bisa dikatakan ini adalah salah satu pertanyaan favorit.

Dan menjawabnya karena “kebetulan saya sedang mencari pekerjaan dan menemukan iklan lowongannya di internet”, bukanlah jawaban yang cukup memadai untuk dikatakan.