Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Gambar dari pxels.com

Pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” sering kali diajukan saat wawancara kerja. Beberapa kali saya mengikuti tes wawancara, pertanyaan ini selalu muncul. Bisa dikatakan ini adalah salah satu pertanyaan favorit.

Dan menjawabnya karena “kebetulan saya sedang mencari pekerjaan dan menemukan iklan lowongannya di internet”, bukanlah jawaban yang cukup memadai untuk dikatakan.

(more…)

Bersiap Menghadapi Pertanyaan Negatif Saat Wawancara Kerja

Gambar dari pexels.com

Dalam wawancara kerja, ada kalanya kita dihadapkan oleh pertanyaan yang nampaknya akan mengekspos sesuatu yang bersifat negatif tentang diri kita. Saya sendiri sering menyebut pertanyaan seperti ini dengan “pertanyaan jebakan betmen”.

Kalau tidak hati-hati menjawabnya, justru akan memberikan kesan Anda bukan kandidat yang sesuai untuk pekerjaan tersebut. Kadang timbul rasa bingung untuk menjawabnya. Dijawab jujur khawatir, dijawab tidak jujur apalagi… hehehe.

(more…)

Cara Menjawab Pertanyaan yang Umum Diajukan Saat Wawancara Kerja

Gambar dari pexels.com

Di tulisan kali ini saya akan mengulas tentang beberapa pertanyaan yang umum diajukan saat wawancara kerja dan contoh jawabannya. Mudah-mudahan bisa menjadi sumber inspirasi buat Anda yang sedang siap-siap menghadapi wawancara kerja.

Jawaban yang saya tuliskan hanya sekadar contoh. Jika Anda mendapati pertanyaan serupa, maka jawaban yang tepat adalah yang sesuai dengan kondisi Anda masing-masing.

(more…)

Cara Mengatasi Gugup dan Tampil Percaya Diri Saat Wawancara Kerja

Gambar dari unsplash.com

Gugup ketika menghadapi wawancara kerja adalah sesuatu yang wajar. Ini mirip saat menghadapi public speaking. Sebagian besar orang akan merasa gugup. Bahkan orang yang sudah sering tampil sekalipun akan merasa gugup.

Jika Anda melakukan hal-hal yang saya uraikan di tulisan sebelumnya, itu akan banyak menolong. Karena persiapan yang matang akan meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi gugup.

(more…)

Kejar Terus Pekerjaan Impianmu! Tapi, Sampai Kapan?

Photo by bruce mars from Pexels.com

Dulu, saya ngekos di daerah Kebayoran Lama. Di dekat kosan saya tinggal beberapa orang kawan dalam satu kosan. Diantara mereka ada yang lagi magang, kerja praktek, dan ada juga yang lagi hunting pekerjaan.

Suatu saat sehabis makan malam di warung langganan tak jauh dari kosan, kami ngobrol bersama sambil nonton televisi. Di sela-sela obrolan tiba-tiba seorang kawan, sebut saja namanya Yadi, berkata, “Mungkin sudah saatnya saya mengakhiri perjalanan ini.”

(more…)