Membaca judul di atas, mungkin kawan-kawan pembaca setia blog ini mengira saya sudah menjelma menjadi financial planner… hehehe. Tidak begitu, saya masihlah blogger yang nyangkul sebagai Geophysicist. Tulisan ini sekadar menulis kembali sebuah artikel berbahasa Inggris dengan judul “don’t save; just spend your salary wisely”, yang dimuat dalam qerja.com.

Menghabiskan gaji sebulan tentulah hal mudah, apalagi buat ibu-ibu. Tapi, menghabiskan gaji secara bijak itu lain perkara. Bisa dikatakan susah-susah gampang, bahkan buat bapak-bapak sekalipun. Tapi jangan khawatir, berikut ini beberapa petunjuk bagaimana menghabiskan gaji secara bijak.

1. Berkebunlah

Jangan Berhemat, Habiskan Saja Gajimu dengan Bijak

Sumber foto : pixabay.com

Berkebun disini bukan berkebun singkong, sayuran, atau hidroponik ya. Melainkan berkebun uang dengan cara melakukan investasi. Sisihkan gaji Anda untuk investasi, misalnya membeli rumah kedua, tanah, dll. Intinya, sesuatu yang harganya bakal naik terus.

Anda tinggal pintar-pintar saja memilih, jangan memaksakan diri. Kalau rumah tipe 60/120 tidak terjangkau, coba cari yang tipe 36/72. Kalau apartemen 2 kamar tidur tidak mampu, tipe studio juga patut dicoba. Beli tanah kapling, saham, atau emas juga bisa jadi pilihan. Yang jelas sesuaikan dengan kemampuan Anda.

Tak ada kata cepat atau lambat untuk memulai berinvestasi.

2. Belajar untuk terbang

Jangan Berhemat, Habiskan Saja Gajimu dengan Bijak

Sumber foto : whitezine.com

Jika selama ini Anda merasa semua berjalan dengan baik, mengapa tidak mencoba untuk terbang? Terbang mah gampang, tinggal pesan tiket. Apalagi sekarang pesan tiket juga sudah bisa online. Bukan, bukan terbang semacam itu maksudnya.

Selama ini mungkin Anda merasa bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Mengapa Anda tidak mencoba untuk membuatnya lebih baik lagi? Banyak kursus atau workshop yang dapat diikuti untuk membuat Anda lebih baik. Selain menambah pengetahuan, wawasan, dan keterampilan, kursus juga bisa memperluas jaringan Anda. Ini tentu akan bermanfaat untuk pengembangan karir Anda di masa datang.

3. Langganan tempat fitnes

Jangan Berhemat, Habiskan Saja Gajimu dengan Bijak

Sumber foto : healthlab.tv

Tempat fitnes yang dimaksud bukanlah gym untuk membentuk otot, melainkan tempat melatih otak. Salah satu cara terbaik untuk melatih otak adalah membaca. Membaca tidak hanya dapat menambah pengetahuan, tapi bisa juga menjadi sumber inspirasi.

Topik bacaan bisa apa saja, baik itu yang berhubungan dengan pekerjaan maupun yang tidak ada hubungannya sama sekali. Beragam topik bacaan dapat Anda temukan di toko buku, mulai dari teknologi, motivasi, kesehatan, hingga agama.

Membaca tidak selalu mesti melibatkan buku. Anda bisa juga baca jurnal, majalah, atau media online seperti blog kirmansyam.com ini. Kalau baca blog ini tidak perlu menyisihkan gaji Anda… xixixi.

4. Lakukan apa yang membuat Anda bahagia

Jangan Berhemat, Habiskan Saja Gajimu dengan Bijak

Sumber foto : tnooz.com

Punya hobi yang menyenangkan? Mengapa tidak berpikir untuk membuatnya naik kelas menjadi hobi yang bisa menghasilkan uang. Misalnya, Anda hobi jalan-jalan atau traveling, coba untuk mendokumentasikan perjalanan Anda. Anda bisa menyusun buku dari hobi tersebut.

Anda bisa juga membuat blog tentang jalan-jalan yang Anda lakukan. Posting secara reguler, memasang iklan adsense atau iklan mandiri, dan uang pun mengalir ke dalam pundi-pundi Anda.

Nah, demikianlah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghabiskan gaji Anda. Selanjutnya terserah Anda, kan itu gaji Anda sendiri. Intinya sih, kalau bisa menghabiskan gaji untuk sesuatu yang bisa menghasilkan lebih banyak lagi, mengapa tidak dicoba?

Selamat berpikir…

Referensi tulisan :
http://advice.qerja.com/dont-save-just-spend-your-salary-wisely/

Tulisan Lainnya:

Berburu Batik Hingga Keris di PPKI 2012 Apa sih PPKI itu? Apakah ini hubungannya dengan pelajaran sejarah? Tentu saja tidak, PPKI di sini adalah Pekan Produk Kreatif Indonesia. Acaranya di E...
Tingkah Polah Maling Semakin Meresahkan, Ini yang Dilakukan Warga Perumahan Semalam (7/2/18) saya ikut ronda di perumahan saya. Ini adalah kegiatan baru buat warga di perumahan saya tinggal akibat tingkah polah maling yang sem...
Surat Lamaran Kerja yang Baik Surat lamaran kerja adalah hal pertama yang mewakili Anda kepada calon pemberi kerja. Lantas, bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik agar lam...