Select Page

Yang Bisa Anda Lakukan Agar Tidak Mudah Sakit Hati Akibat Perbuatan atau Kata-kata Orang Lain

Gambar dari Pixabay.com

Dalam interaksi kita sehari-hari, tidak jarang kita dapati perbuatan atau kata-kata orang lain yang berpotensi membuat kita merasa sakit hati. Entah itu disengaja atau tidak oleh mereka.

Pernah suatu ketika saya sedang menyetir dalam kondisi macet. Di kiri mobil diisi oleh motor dan di sisi kanan dari belakang ada motor yang membunyikan klakson minta jalan. Dengan kondisi jalan seperti itu tidak mungkin saya minggir ke kiri, karena banyak motor.

Setelah sekian lama, akhirnya motor ini pindah ke kiri dan berhasil melewati saya. Saat lewat, Ia mengangkat jari tengahnya ke arah saya. Menyaksikan hal itu, saya tentu saja merasa sakit hati. Kalau jalan lancar mungkin motor itu akan saya kejar dan membalas perbuatannya.

(more…)

Tips Menghadapi Kritik Agar Tidak Sakit Hati

Kritik bisa menghampiri kita kapan saja, tidak peduli yang kita lakukan itu baik atau buruk. Kritik pun bisa negatif atau positif tanpa bisa kita pilih. Yang bisa kita pilih adalah bagaimana kita menyikapi kritik yang datang tersebut. Apakah kita akan menyambutnya dengan baik atau justru emosi dan sakit hati.

Orang yang memberi kritik memang kadang tidak memperhatikan perasaan orang yang dituju. Tujuannya juga tidak selalu bermaksud memperbaiki situasi. Kadang-kadang ada orang yang memberi kritik betul-betul bertujuan untuk menjatuhkan seseorang.

(more…)