Select Page
Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Saat Interview

Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Saat Interview. Gambar dari unsplash.com

Pertanyaan “ceritakan tentang diri Anda” kerap diajukan pertama kali saat interview kerja. Kalau Anda sudah pernah ikut wawancara kerja, mungkin Anda pun mengalaminya.

Saya ingat dulu saat ikut interview di salah satu perusahaan di Jakarta, pertanyaan ini muncul pertama kali. Saat itu, saya belum ada pengalaman wawancara kerja. Sempat bingung juga mau cerita dari mana. Akhirnya, saya putuskan untuk menjawabnya mulai dari saya lahir di mana, sekolah di mana saja, hingga akhirnya bisa sampai ke Jakarta.

Cukup panjang dan lebar. Untungnya yang interview saat itu sabar mendengar. Mungkin karena kisah hidup saya yang begitu menarik… hehehe.

Kenapa “ceritakan tentang diri Anda” diajukan saat interview

Sebagai pertanyaan yang kerap diajukan pertama kali, ini adalah kesempatan awal bagi pewawancara untuk mengenal Anda. Apakah Anda kandidat yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang tersedia.

Jawaban dan cara Anda menjawab pertanyaan ini bisa sangat menentukan kesan pertama pewawancara terhadap diri Anda. Dan, bisa menjadi penentu bagaimana proses wawancara selanjutnya berjalan.

Jika berhasil menjawabnya dengan baik, bisa jadi menarik minat pewawancara untuk menggali lebih dalam lagi kesesuaian kualifikasi Anda dengan pekerjaan yang ditawarkan. Ini adalah kesempatan emas buat Anda untuk menguraikan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman Anda terkait pekerjaan.

Bagaimana menjawabnya dengan efektif?

Sebenarnya bisa saja Anda bercerita panjang lebar tentang perjalanan hidup Anda. Tapi, apakah itu yang diharapkan pewawancara? Apakah itu akan efektif menarik perhatian pewawancara?

Bisa ya, bisa tidak.

Kalau Anda sekadar bercerita yang tidak erat kaitannya dengan pekerjaan yang Anda lamar, ya percuma. Pewawancara tidak akan mendapatkan wawasan tertentu tentang Anda.

Berikut beberapa tips untuk bercerita secara efektif:

Pertama, rangkailah cerita seputar diri Anda yang berkaitan erat dengan pekerjaan yang Anda lamar. Karena pada dasarnya, pewawancara berusaha mencari kesesuaian antara kualifikasi pelamar dengan pekerjaan di setiap pertanyaannya.

Manfaatkan kesempatan ini untuk menjawab itu. Dan ini bisa Anda lakukan kalau sudah melakukan pekerjaan rumah Anda. Yaitu melakukan riset yang mendalam terhadap perusahaan dan pekerjaan yang ditawarkan. Kemudian mencari kesesuaian dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang Anda miliki.

Kedua, jangan hanya mengulang apa yang sudah Anda tulis dalam resume atau CV. Ini bisa sangat membosankan bagi pewawancara. Apalagi kalau CV Anda ada sekitar tiga halaman… hehehe.

Pilih yang utama saja. Yang menurut Anda bisa memberi kesan menarik dan memancing pewawancara untuk menggali lebih dalam lagi tentang Anda.

Ketiga, jangan hafalkan jawaban Anda. Karena Anda akan terdengar seperti membaca dan monoton. Tidak menarik sama sekali.

Bahayanya lagi jika tiba-tiba Anda lupa. Bisa ambyar konsentrasi Anda yang ujung-ujungnya bisa berakibat buruk terhadap bagaimana Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan berikutnya.

Rumus sederhana untuk menjawab “ceritakan tentang diri Anda”

Nah, berikut ini rumus sederhana untuk merangkai cerita tentang diri Anda.

Karena diminta bercerita, Anda bisa menguraikan tentang diri Anda menggunakan rumus masa sekarangmasa lalu, dan masa yang akan datang.

Masa sekarang. Mulai dengan bercerita apa yang Anda lakukan saat ini. Bisa menyangkut pekerjaan yang Anda lakukan sekarang, tanggung jawab apa yang Anda pegang, dan pencapaian Anda. Kalau Anda baru lulus, Anda bisa bercerita mengenai status Anda sebagai sarjana dan bagaimana prestasi kelulusan Anda.

Masa lalu. Ceritakan bagaimana Anda bisa mencapai hal-hal yang Anda miliki di masa sekarang. Pernah bekerja dimana saja, pengalaman penting yang pernah dialami terkait pekerjaan, dan menempuh pendidikan dimana. Kalau Anda baru saja wisuda, Anda bisa bercerita tentang prestasi akademik yang dimiliki, aktivitas organisasi selama kuliah yang relevan, kerja praktek yang pernah dilakukan, dll.

Masa yang akan datang. Tutup dengan rencana masa depan dan mengapa Anda menaruh minat yang besar terhadap pekerjaan yang ditawarkan.

Contoh jawaban ceritakan tentang diri anda saat interview

Jawaban terbaik untuk permintaan ini adalah yang jujur (sesuai dengan diri Anda), singkat dan tidak bertele-tele, dan disampaikan dengan antusias.

Contoh 1:

Saat ini saya bekerja sebagai Geophysicist di sebuat perusahaan migas yang beroperasi di Timur Tengah. Saya bertanggung jawab melakukan interpretasi data seismik di dua blok yang dimiliki perusahaan. membuat peta prospek, dan melakukan evaluasi terhadap prospek tersebut.

Saya menyelesaikan pendidikan S1 di program studi Geofisika, Universitas Hasanuddin, pada tahun 2004. Kemudian di tahun 2016 menyelesaikan S2 di Petroleum Geoscience, Universitas Gadjah Mada.

Sebelum bekerja di perusahaan saat ini, saya bekerja di perusahaan XYZ, sebuah perusahaan pengolahan data terkemuka di Indonesia, sebagai Seismologist. Saya bekerja melakukan pengolahan data seismik dari berbagai perusahaan migas, seperti, A, B, C, dan D.

Sekarang saya mencari kesempatan untuk mengembangkan wawasan dan menambah pengalaman dengan melamar di perusahaan ini. Mudah-mudahan saya bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan. 

Di atas adalah contoh jawaban bagi pelamar yang sudah bekerja. Cerita dibuat menggunakan rumus di atas. Diawali dengan masa sekarang, masa lalu, dan masa yang akan datang.

Contoh 2:

Saya menyelesaikan S1 di Universitas Hasanuddin, program studi Geofisika. Dengan IPK 3,26.

Selama kuliah saya aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan sebagai anggota dan pengurus. Pernah jadi ketua bidang pendidikan di Himpunan Mahasiswa Fisika, ketua umum Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika Indonesia. Ini membuat saya bisa bekerja sama dengan baik dalam tim. Juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Saya mengerjakan skripsi di perusahaan ABC, sebuah perusahaan jasa migas di Jakarta. Saya melakukan pengolahan data seismik selama tiga bulan. Datanya berasal dari perusahaan EFG, yang memiliki lapangan ekplorasi migas di HIJ.

Saya berharap bisa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan olah data seismik saya dengan bergabung di perusahaan ini. 

Contoh kedua adalah untuk pelamar yang baru lulus atau fresh graduates. Ceritanya juga menggunakan rumus yang saya ulas sebelumnya.

Demikianlah contoh jawaban ceritakan tentang diri Anda saat interview kerja. Semoga menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang bersiap menghadapi wawancara kerja.

Contoh jawaban untuk pertanyaan lainnya yang sering diajukan saat wawancara kerja dapat Anda temukan di 50 Pertanyaan Wawancara Kerja.

Sukses selalu…