Menulis memiliki tantangannya sendiri. Kadang kita bisa menyelesaikan sebuah tulisan dalam waktu singkat. Tapi, lebih seringnya butuh waktu dan usaha lebih keras untuk itu. Wajar saja karena demikian banyaknya pengalih perhatian saat ini. Bisa jadi laptop sudah dibuka, word sudah dibuka, tapi berakhir dengan mengerjakan hal lain.

Nah, agar dapat fokus menulis, berikut ini 7 tips yang dapat Anda coba lakukan. Tips ini ditulis oleh Michael Purdy, seperti dilansir dalam copypress.com.

1. Eliminasi pengalih perhatian sebelum mulai menulis

Seperti saya tulis di atas, pengalih perhatian saat ini banyak sekali. Ada TV, HP, Facebook, musik, dan banyak lagi.

Kalah dengan gangguan saat menulis seringkali saya alami. Apalagi jika menulis sambil menyetel HBO. Judul tulisan sudah dibuat, tapi ujungnya malah asyik nonton Game of Thrones. Apalagi pas seri terakhir dari season 5, dimana Jon Snow harus mengakhiri hidupnya di tangan sesama night watch. Semua penggemar Jon Snow pasti tak rela menerimanya.

Coba Lakukan 7 Cara Ini Agar Anda Dapat Fokus Menulis

Sumber gambar : joemonster.com

Coba Lakukan 7 Cara Ini Agar Anda Dapat Fokus Menulis

Sumber gambar : heavy.com

Nah, malah bahas Game of Thrones kan jadinya… hehehe

Kembali ke laptop…

Jadi, sebelum memulai menulis, eliminasi dulu semua pengalih perhatian. TV dimatikan, HP di-silent, jangan nyetel musik, dll. Dengan begitu, mudah-mudahan Anda bisa fokus menulis.

2. Proaktiflah selalu, bawa catatan ke mana-mana

Coba Lakukan 7 Cara Ini Agar Anda Dapat Fokus Menulis

Sumber foto : pixabay.com

Kita tidak dapat mengatur dimana ide cemerlang bisa muncul. Bisa saja ketika bengong nunggu KRL, lagi kepanasan di halte TransJakarta, atau lagi nyantai di teras rumah. Ketika ide muncul langsung tulis, paling tidak secara garis besar dahulu. Itulah pentingnya untuk selalu membawa catatan ke mana-mana.

Dengan menuliskan ketika ada ide, kita dapat menulisnya dengan lengkap di kemudian hari. Banyak kejadian, ide cemerlang akhirnya hilang karena tidak dicatat kemudian lupa. Beda halnya kalau punya ingatan setajam silet… hehehe.

3. Ciptakan suasana menulis yang mendukung

Coba Lakukan 7 Cara Ini Agar Anda Dapat Fokus Menulis

Sumber foto : pixabay.com

Masing-masing orang punya selera sendiri terhadap lingkungan atau suasana yang pas baginya untuk menulis. Ada yang suka dengan suasana hening di dalam kamar sendiri. Ada juga yang suka menyendiri di sudut kafe.

Ciptakan suasana menulis yang dapat membuat Anda semangat. Suasana ini bukan sekadar tempat, tapi bisa juga waktu. Misalnya, menulis di subuh hari atau malam hari selepas istirahat sejenak sepulang kerja.

4. Buat deadline, jangan semaunya nanti tidak kelar-kelar

Buat deadline ketika menulis sesuatu, agar tidak semaunya aja. Yah nantilah diterusin, begitu kadang-kadang kalau tidak ada jangka waktunya. Akhirnya, satu tulisan itu tidak kelar-kelar. Satu tulisan yang tidak kelar-kelar itu bisa membuat lebih capek lho.

Jadi, kalau menulis sesuatu tetapkan waktunya kapan harus selesai. Misalnya tulisan buat blog, tetapkan target harus sudah di-upload besoknya atau kalau dimulai pagi, siangnya sudah diupload. Dengan begitu bisa lebih fokus, tidak celamitan nonton berita dulu atau ngerumpi dulu sama tetangga.

5. Berolahragalah secara teratur. Lho, apa hubungannya?

Coba Lakukan 7 Cara Ini Agar Anda Dapat Fokus Menulis

Sumber foto : pixabay.com

Jangan kaget dulu… Meskipun menulis itu tidak memerlukan tenaga yang banyak, seperti dorong mobil atau gali saluran telkom. Tapi, duduk lama di depan laptop bisa membuat tubuh jadi lelah. Apalagi kalau ilhamnya tidak ketemu juga, alamat bisa lebih lama lagi itu.

So, usahakan untuk berolahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran. Kalau tubuh bugar, biasanya ide pun bisa mengalir dengan lancar. Juga dapat duduk lebih lama depan laptop untuk menyelesaikan tulisan yang kejar tayang.

6. Hargai diri Anda, jangan pelit untuk diri sendiri

Sumber foto : pixabay.com

Sumber foto : pixabay.com

Ketika berhasil mencapai target, beri diri Anda penghargaan. Bukan piagam sih, secangkir teh sambil meluruskan punggung pun sudah baik. Jangan terlalu memaksakan diri atau pelit terhadap diri Anda sendiri. Rayakan setiap pencapaian Anda sebagai motivasi untuk lebih baik lagi.

Perayaan bukan berarti harus pesta, mengundang tetangga kanan kiri. Bukan begitu. Berhentilah menulis sejenak, jalan-jalan sebentar untuk mengurasi tensi pikiran, dan nikmati pemandangan di luar.

7. Berubahlah, move on…

Ketika sedang menulis yang menjelang deadline, tapi rasa bosan malah menghampiri, cobalah untuk pindah tempat. Kali aja situasi yang baru bisa mengembalikan mood Anda untuk menulis.

Nah, demikianlah 7 cara yang bisa Anda coba lakukan agar bisa fokus dalam menulis.

Referensi tulisan :
http://www.copypress.com/blog/8-concentration-tips-to-kill-off-distractions

Tulisan Lainnya:

Tips Sukses Presentasi Kali ini saya akan menulis tentang presentasi, bukan pengertian presentasi tetapi sesuatu yang didambakan oleh setiap presenter. Menyampaikan presenta...
Cara Blokir Teman di Facebook Berikut ini cara blokir teman di facebook versi baru melalui halaman profilnya. Login dulu tentunya ke halaman facebook Anda, terus klik teman yan...
Menarik Perhatian Saat Wawancara Wawancara merupakan salah satu tahapan yang cukup penting dalam penerimaan karyawan. Pada tahap ini terjadi interaksi secara langsung antara pelamar d...