Select Page

Menjaga motivasi diri agar tetap meningkat atau minimal sama dari waktu ke waktu memerlukan perjuangan. Mengingat banyaknya hal-hal yang dapat membuat kita kehilangan motivasi atau bahasa kerennya “down” dalam usaha kita untuk sukses. Namun, kita tidak boleh tinggal diam karena kehilangan motivasi dan akhirnya menyerah.

http://publicdomainpictures.net

 

Penyebab Hilangnya Motivasi Diri

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hilangnya motivasi diri kita. Menurut pickthebrain.com, ada 3 yang menjadi penyebabnya :

  • Tidak percaya diri

Ini salah satu masalah yang sering dialami oleh siapa saja yang ingin mencapai sesuatu, tidak percaya diri. Ingin sukses tapi tidak percaya bisa sukses dengan kemampuan yang dimiliki. Jika demikian, segala keinginan hanya akan menjadi angan-angan belaka. Untuk mewujudkan sesuatu, hal pertama yang harus diyakini adalah percaya kita bisa mencapainya.

Oleh karena itu, kita harus menumbuhkan terus rasa percaya diri. Bagaimana caranya? Ganti fokus. Biasanya orang yang tidak percaya diri selalu berfokus pada kekurangan yang dimilikinya. Atau selalu dibayang-bayangi kegagalan yang pernah dialami di masa lalu. Cobalah untuk memusatkan perhatian pada kelebihan yang dimiliki atau keberhasilan yang telah dicapai sebelumnya.

  • Tidak punya tujuan yang jelas

Banyak orang melakukan sesuatu tanpa mengetahui apa sebenarnya hasil yang ingin dicapainya, mengapa Ia melakukannya. Melalui hidup sebagaimana adanya, bagaikan air mengalir (katanya). Pernahkah Anda diberi tugas, entah itu di kantor atau sekolah, yang Anda tidak mengerti tujuannya? Pokoknya selesaikan saja, begitu bunyi perintahnya. Apa yang terjadi selama Anda mengerjakannya adalah ogah-ogahan, bukan?

Nah, itulah pentingnya tujuan yang jelas. Anda kuliah ingin jadi apa? Dalam 5 tahun bekerja ingin mencapai apa? Dengan begitu, Anda akan tetap termotivasi menjalani prosesnya.

  • Tidak tahu mesti melakukan apa

Ingin bisa sampai ke Monas tentu harus tahu apa yang perlu dilakukan untuk menuju ke sana. Apakah naik angkot, kereta, atau transportasi lainnya, dan lewat mana. Jika Anda punya tujuan, namun tidak tahu cara mewujudkannya akan susah menjaga motivasi diri untuk mencapainya.

Jika ingin bekerja di perusahaan minyak, harus tahu bagaimana caranya. Misalnya dengan kuliah di jurusan Geologi atau Geofisika, kerja praktek dan tugas akhir di perusahaan minyak, membangun relasi atau jaringan yang luas, dll. Dengan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mencapai sesuatu, maka motivasi diri Anda akan selalu terjaga.

Demikianlah 3 penyebab hilangnya motivasi diri dan cara mengatasinya agar tetap dapat menjaga motivasi diri kita untuk sukses mencapai tujuan masing-masing.

Anda punya pengalaman lain? Silakan dibagi melalui kolom komentar… Semoga bermanfaat 🙂

Tulisan Lainnya:

Cara Menjaga Motivasi Diri untuk Mewujudkan Target-target Anda Menggunakan NLP Foto dari pexels.com Hari masih pagi. Hanya menggunakan sarung dan kaos singlet, Baco bersantai di teras rumahnya. Secangkir kopi pahit dan sepiri...
31 Kata-kata Motivasi Sukses untuk Melejitkan Semangat Mewujudkan Impian Gambar dari Pixabay.com Mencapai impian tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tidak bisa terjadi dalam semalam, kecuali Anda memiliki kesak...