Select Page
cara menghilangkan rasa gugup

Foto dari pexels.com

Gugup ketika akan berbicara di depan orang banyak adalah perasaan yang normal. Jika Anda kerap merasakannya, jangan khawatir, karena bukan hanya Anda yang mengalaminya.

Gugup tidak hanya dirasakan oleh pembicara pemula, bahkan yang sudah sering tampil bicara di depan orang banyak pun masih sering merasakannya. Yang terpenting adalah bagaimana mengatasi rasa gugup tersebut agar Anda dapat tampil maksimal.

Cara menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan orang banyak

Berikut ini beberapa cara mengatasi rasa gugup yang muncul saat berbicara di depan orang banyak.

1. Persiapkan pembicaraan Anda dengan matang

Dari pengalaman saya, semakin siap pembicaraan atau presentasi yang akan saya bawakan, maka semakin mudah untuk mengatasi rasa gugup.

Yang perlu disiapkan dengan baik adalah materi, kemudian latihan untuk membawakan materi tersebut. Ulangi latihan hingga Anda merasa pas dan mengalir membawakannya.

Jangan berharap bisa mengatasi rasa gugup dengan baik jika Anda tidak menguasai materi atau topik yang akan dibicarakan.

2. Bernapaslah secara perlahan

Ketika gugup, napas biasanya jadi pendek dan dangkal. Diikuti keringat dingin, kerongkongan kering, dan tangan gemetar. Pada situasi seperti ini suara yang dikeluarkan menjadi terputus-putus. Ini adalah manifestasi kurangnya oksigen yang tersuplai ke dalam tubuh.

Kabar baiknya, Anda bisa membalikkan semua itu dengan mengatur pernapasan.

Bernapaslah dengan perlahan dan dalam. Tarik napas secara perlahan melalui hidung Anda, tahan beberapa saat, kemudian hembuskan melalui mulut. Lakukan hal ini selama beberapa menit.

Bernapas perlahan beberapa saat untuk memastikan Anda memasukkan cukup oksigen ke dalam tubuh. Menahannya sebelum dihembuskan untuk memberi kesempatan kepada tubuh untuk mendistribusikan dengan baik oksigen yang masuk ke segenap organ tubuh. Dan menghembuskannya untuk mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh.

Setelah melakukan ini selama beberapa menit, biasanya rasa gemetar akan hilang dan suarapun akan normal kembali.

3. Ganti fokus

Salah satu penyebab gugup ketika akan berbicara di depan orang banyak adalah pikiran kita dibayangi oleh berbagai kekhawatiran. Khawatir salah bicara, khawatir lupa materi, khawatirmelakukan hal-hal yang memalukan, atau khawatir ditertawakan.

Cobalah untuk berganti fokus dari kekhawatiran ke manfaat yang akan Anda sampaikan kepada audiens. Fokuslah kepada materi Anda, fokuslah kepada penyampaian Anda. Ingatlah bahwa Anda telah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, Anda telah berlatih sebelumnya, dan sekarang saatnya untuk fokus berbagi manfaat kepada audiens Anda.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan orang banyak. Jika Anda punya cara tersendiri untuk mengatasi rasa gugup, silakan berbagi melalui kolom komentar.