Select Page

Ada banyak cara untuk mempromosikan blog, salah satunya adalah blogwalking. Seperti yang pernah saya tulis pada postingan sebelumnya “4 Tips Mempromosikan Blog untuk Pemula“. Salah satu keuntungan blogwalking selain promosi blog adalah backlink.

Apa itu backlink? Di web Wikipedia disebutkan bahwa backlink adalah link masuk ke suatu web dari web lain. Semakin banyak link yang mengarah ke blog Anda berarti semakin populer blog tersebut. Dan ini berdampak pada posisi blog di SERP (search engine result page) atau halaman hasil pencarian. Semua tentu mendambakan muncul di halaman terdepan mesin pencari kan?

Tapi nanti dulu, ini hanyalah salah satu cara dan masih ada cara lain yang saling terkait untuk bisa menduduki halaman depan hasil pencarian. Backlink adalah bagian integral dari suatu proses SEO atau search engine optimization.

Cara termudah dan gratis untuk mendapatkan backlink adalah dengan rajin-rajin blogwalking dan meninggalkan komentar. That simple? Tentu tidak sesederhana itu, berikut cara mendapatkan backlink dari blogwalking dengan meninggalkan komentar.

  • Carilah blog dengan tema yang sama dan reputasi yang baik (perhatikan alexa rank dan google page rank).
  • Cobalah untuk membaca postingan yang ingin dikomentari secara menyeluruh agar bisa memberi komentar yang berkualitas dan relevan.
  • Hindari komentar spam, seperti hanya menuliskan wow, nice info gan, menarik…Yang seperti ini biasanya langsung saya delete. Buang-buang waktu aja kan.

Nah, itulah 3 cara menuliskan komentar untuk mendapatkan backlink. Dengan menulis komentar berkualitas tentu akan memancing orang yang membacanya untuk mengunjungi blog Anda. Backlink dapat, pengunjung juga dapat deh… 🙂