2 Cara Analisis Audiens Presentasi

cara analisis audiens presentasi
Cara analisis audiens presentasi (Image by Andreas Breitling from Pixabay)

Di tulisan sebelumnya, saya telah menguraikan tentang mengapa analisis audiens itu penting dilakukan sebelum presentasi dan 3 contoh pertanyaan untuk melakukannya.

Di postingan kali ini, saya akan memberikan 2 cara analisis audiens presentasi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

1. Menggunakan kuisioner pra-presentasi

Kuisioner pra-presentasi adalah daftar pertanyaan yang diajukan kepada audiens untuk mendapatkan informasi tentang mereka terkait presentasi yang akan Anda sampaikan. Anda bisa mengelaborasi 3 contoh pertanyaan yang saya tuliskan sebelumnya dalam bentuk kuisioner.

Kuisioner ini bisa Anda distribusikan langsung ke calon audiens melalui email, WA, atau lainnya. Bagaimana kalau tidak punya kontak mereka? Anda harus mencari cara untuk bisa berkomunikasi dengan calon audiens presentasi Anda.

Ada seorang kawan saya yang bekerja di perusahaan jasa. Bisa dikatakan pekerjaannya adalah presentasi untuk mengenalkan jasa yang ditawarkan perusahaannya. Sebelum tampil atau datang presentasi, Ia terbiasa mengirim email kuisioner dahulu ke calon audiensnya.

Ketika saya tanya, “Bagaimana jika ia tidak tahu email mereka?”

Kawan saya ini menjawab, “Biasanya kami memiliki satu kontak person di setiap perusahaan. Jadi, bisa minta email calon audiens ke mereka atau minta tolong ke kontak person tersebut untuk mendistribusikan kuisionernya.”

Nah, Anda pun bisa melakukan hal sama.

2. Wawancara

Kalau Anda punya akses langsung ke calon audiens, Anda bisa bertanya langsung ke mereka. Misalnya, Anda presentasi laporan bulanan progres pekerjaan di internal perusahaan Anda. Anda bisa bertanya langsung ke calon audiens kebutuhan dan espektasi mereka tentang apa saja yang semestinya Anda sampaikan.

Apakah wawancara hanya bisa langsung ke calon audiens?

Pengalaman saya sih tidak mesti. Saya pernah diundang menyampaikan training di sebuah perusahaan dan yang saya wawancara saat itu adalah supervisornya. Mungkin hasilnya tidak menggambarkan per audiens, tapi secara umum bisa menjawab kebutuhannya.

Itulah dua cara mendapatkan informasi tentang audiens Anda sebelum melakukan presentasi. Semoga bermanfaat…

Related Post

3 Pertanyaan Dasar untuk Analisis Audiens Presenta... Pertanyaan analisis audiens presentasi (Photo by fauxels from Pexels) Mengapa analisis audiens perlu dilakukan sebelum presentasi? ...
Cara Membuka Presentasi yang Baik dan Menarik Perh... Cara membuka presentasi (Photo by ICSA from Pexels) Pembukaan yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri dan sangat berpengaruh terhadap keberla...
Cara Membuat PPT yang Menarik dengan Mudah dan Cep... Cara membuat PPT yang menarik (Image by StartupStockPhotos from Pixabay) Apakah Anda sering menampilkan slide PowerPoint (PPT) saat presentasi? ...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *