Bagaimanakah para seleb tweet yang sering melakukan kultwit bisa ngetwit secara teratur? Apakah memang mereka nongkrong di depan monitor sambil melihat jam untuk melakukannya? Tidak asing kan dengan kalimat “Jam 8 malam ini kami akan share tentang blabla”. Dan benar, jam 8 malam twit berseri dengan topik tersebut terkirim secara teratur dalam rentang waktu tertentu. Bagaimana melakukannya?

Ternyata, hasil tawaf di Google, ada banyak aplikasi Twitter yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan tersebut. Salah satunya adalah HootSuite. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk media sosial yang lain, namun pada tulisan ini saya hanya akan bahas pemanfaatan HootSuite untuk Twitter.

HootSuite dapat diakses melalui www.hootsuite.com. Jika belum punya akun tentu saja harus bikin dulu. Ada yang berbayar ada juga yang gratis, untuk daftar yang gratis silakan klik sign up now pada bagian sign up today free.

Setelah itu, akan ada window untuk mengatur sosial media mana saja yang ingin dihubungkan dengan HootSuite. Kalau yang gratis terbatas lima saja, tapi itu saja sudah cukup menurut saya. Sudah bisa untuk Twitter, Facebook, Linkedin, dan dua lagi.

Setelah itu, kita dapat mengatur waktu kapan twit akan dipublikasikan. Misalnya, jam istirahat siang atau jam 8 malam ketika banyak orang yang mengakses twitter. Dengan begitu, twit kita akan banyak yang baca dan jika menarik tentu saja jadi banyak yang retweet. Kali aja suatu hari nanti jadi seleb twit juga… 🙂