Mungkin Anda pernah mendengar komentar seseorang ketika ada yang diterima kerja, “Dia memang beruntung bisa diterima kerja di perusahaan besar seperti itu.” Benarkah ada istilah beruntung dalam mencari kerja?

Memenangkan persaingan kerja yang semakin ketat tentu bukan hal mudah. Diperlukan banyak hal untuk bisa diterima mengisi satu lowongan pekerjaan. Tapi, pada intinya adalah kesesuaian antara kemampuan pelamar dan yang dibutuhkan perusahaan.

Jadi, jika di belakang nama Anda tidak ada kata Bakrie atau Kalla, hal di atas berlaku. Kalau di bukunya Tanri Abeng disebut “kompetensi” dan tiga pilarnya adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Trus, kapankah keberuntungan dalam mencari kerja itu terjadi? Kalau menurut saya, ketika ada kesempatan disertai kesiapan. Jadi, beruntung = kesempatan + kesiapan. Kesempatan apakah yang saya maksud? Ya kesempatan kerja atau ada lowongan yang terbuka yang sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki. Misalnya sarjana Geofisika dan ada lowongan Geophysicist yang terbuka di perusahaan minyak.

Kalau kesiapan? Ya segala sesuatu yang diperlukan untuk memenangkannya. Pengetahuan akan bidang ilmu Anda, keterampilan yang diperlukan, dan sikap positif yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jika dua hal itu terpenuhi barulah bisa muncul kalimat “Anda benar-benar beruntung di terima bekerja di perusahaan besar seperti itu.”

Tulisan Lainnya:

Tips Membuat Bio Twitter Sebelum follow seseorang, saya biasanya membaca bio twitternya. Namun sayangnya, tidak semua orang menyempatkan diri untuk menulis bio atau ada juga s...
Segalanya Butuh DUIT Istilah DUIT ini pertama kali saya dengar ketika mengikuti ceramah dalam rangka syukuran BUMI ke-38 yang dibawakan oleh Ustadz Tajudin Hasan. DUIT yan...
5 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Mendapatkan Pekerjaan Baru Tidak terasa kita sudah berada di bulan Maret 2014. Sudah berapa banyak resolusi tahun baru Anda yang tercapai? Banyak hal yang bisa ada di resolusi t...