Richard St. John menuliskan 8 kunci sukses dalam bukunya “8 To Be Great”. Kesimpulan tersebut diambilnya setelah melakukan penelitian selama 10 tahun terhadap sekitar 500 orang sukses. Apa sajakah itu?

richardstjohn.com

richardstjohn.com

1. Passion

Cintai apa yang Anda kerjakan. Russel Crowe, aktor pemenang Oscar, mengungkapkan bahwa “The bottom line is I love the actual job of acting. I have a great passion of it“. Bill Gates, orang terkaya sejagat raya, tidak pernah mengira akan menjadi orang super kaya. Ia dan Paul rekannya hanya suka membuat software. Jika Anda mengerjakan apa yang Anda suka, uang akan datang kemudian.

2. Kerja

Semua orang sukses adalah pekerja keras. “It’s all hard work. Nothing comes easily. But, I have a lot of fun“, kata Rupert Murdoch, taipan media.

3. Fokus

Norman Jewison, pemenang Oscar, menyatakan “I thing it all has to do with focusing your self to one thing“. Banyak di antara kita yang tidak memusatkan tenaga dan pikirannya dalam satu hal. Akibatnya, hasil yang diperoleh tidak maksimal.

4. Dorong Hingga Maksimal

Whatever you are doing in life just push your self to the limits“, begitu kata Richard Branson, pendiri group Virgin. Doronglah diri Anda hingga ke batas maksimal untuk hasil yang optimal. Banyak orang pemalu yang bisa sukses karena berhasil mendorong dirinya untuk maju. Banyak di antara kita yang kadang ragu dengan kemampuan diri sendiri. Jangan kalah, doronglah diri Anda untuk mengalahkan keraguan tersebut. Jika perlu, carilah bantuan orang lain untuk mendorong Anda.

5. Ide

Banyak orang sukses karena ide cemerlang yang dimilikinya. Bill Gates pendiri Microsoft atau Larry Page pendiri Google, adalah contoh orang sukses atas idenya.

6. Peningkatan Terus-menerus

Orang sukses adalah orang yang berhasil secara terus-menerus meningkatkan kualitas dirinya. Bagaimana caranya? Latihan, latihan, dan latihan.

7. Melayani Orang Lain

Orang sukses tidak hanya melayani dirinya sendiri, tapi juga orang lain dengan sesuatu yang bernilai. Lihat saja bagaimana Bill Gates melayani penduduk dunia dengan produk softwarenya yang berhasil membuatnya sukses.

8. Gigih

Tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dalam sekejap, butuh kegigihan yang terus menerus. Larry Page, salah satu pendiri Google, menyatakan butuh waktu yang lama untuk mencapai seperti saat ini. Selama proses menuju sukses selalu ada kemungkinan gagal, dengan kegigihan Anda akan bangkit lagi.

Demikianlah 8 kunci sukses menurut Richard St. John. Anda juga bisa melihat versi vedonya di bawah ini…

Tulisan Lainnya:

Teknik Presentasi Keren dan Bikin Melek ala Wisnu Sakti Dewobroto Tau gak masalah terbesar presenter saat melakukan presentasi? Jawabannya adalah membuat audiens melek hingga akhir presentasi... hehehe. Paling tid...
Jangan Biasakan Menunda Hari masih pagi, rasanya masih betah di tempat tidur. Namun, keributan di ruang depan memaksa saya untuk beranjak. Rupanya, anak saya sedang ribut ing...
Jangan Biarkan Keraguan Menghentikan Langkahmu Foto dari pexels.com Siapa sih yang tak pernah merasa ragu? Saya yakin semua orang pernah merasakannya. Mulai dari yang kecil sampai yang besar, m...