bisnis online

Sumber gambar JohnChow.com

Jumlah pengguna internet saat ini terus meningkat. Di Indonesia saja, menurut survei BPS (Badan Pusat Statistik) bekerjasama dengan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), angka pertumbuhan pengguna internet di Indonesia hingga akhir tahun 2013 sudah mencapai 71,19 juta orang. Ini tentu merupakan pasar yang sangat prospektif untuk digarap. Pertumbuhan bisnis online pun berkembang pesat. Jangan sampai ketinggalan, sudah bukan jamannya lagi sekadar memanfaatkan internet sekadar untuk terhubung dengan media sosial. Anda pun bisa mempunyai bisnis online. Jika belum punya ide, berikut ini beberapa ide bisnis online yang bisa Anda coba.

1. Toko online

Jika Anda mempunyai produk yang bisa dijual atau tertarik menjual suatu produk, misalnya kaos anak atau teh pelangsing, Anda bisa membuat toko online atau bergabung di toko online yang sudah ada seperti tokobagus atau berniaga. Anda pun bisa berjualan melalui facebook atau twitter. Atau menggunakan semua media tersebut untuk memaksimalkan penjualan Anda.

2. Desainer website

Jika Anda memiliki kemampuan pemrograman seperti PHP, HTML, atau CSS, ditambah keterampilan desain, Anda bisa membuka jasa desain website. Pemasaran bisa Anda lakukan dengan membuat website yang memuat jenis jasa, harga, dan jangan lupa contoh hasil desain.

3. Desainer grafis

Bagi Anda yang memiliki keterampilan desain grafis dan mahir dengan beberapa software desain, misalnya photoshop, corel draw, dll, bisa mencoba membuat jasa desain. Bahkan Anda tidak perlu membuat website sendiri untuk jasa ini, karena ada banyak website yang menyediakan wadah berkumpul para desainer. Salah satu yang saya tahu adalah sribu.com. Di website tersebut Anda bisa mendaftar sebagai desainer dan bisa mengikuti berbagai kontes desain yang berhadiah jutaan rupiah. Untuk keterangan lengkapnya silakan cek websitenya.

4. Affiliate marketing

Afiliasi adalah salah satu model bisnis online yang banyak digemari, karena tidak perlu memiliki produk sendiri. Anda tinggal mendaftar ke toko online yang sudah ada, kemudian membantu memasarkan produknya. Anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang terjadi dari referensi Anda. Istilah umumnya adalah makelar, hanya ini dilakukan secara online. Yang pernah saya coba adalah menjadi affiliate dari Amazon.com. Jika ingin mencoba untuk toko online Indonesia, silakan cari di Google dengan kata kunci “toko online +affiliate” atau “toko online +afiliasi”.

5. Penulis ebook

Jika Anda memiliki keterampilan khusus, misalnya desainer atau programmer, Anda bisa menulis ebook panduan kemudian menjualnya secara online. Banyak orang yang sukses meraih penghasilan besar dari bisnis ini.

6. Penulis artikel

Bagi Anda yang memiliki keterampilan menulis, bisa mencoba membuka jasa penulisan artikel. Saat ini banyak perusahaan/orang yang membutuhkan jasa penulisan artikel untuk mengisi website atau blog mereka. Anda bisa melakukan pemasaran melalui blog, media sosial, kaskus, tokobagus, dll.

7. Kursus online

Kursus pun kini bisa dilakukan secara online, berkat kemajuan teknologi. Kalau Anda ahli SEO misalnya, bisa membuat kursus online tentang SEO. Anda bisa membuat video training yang bisa diakses oleh peserta dan bimbingan dari Anda melalui email, chatting, skype, dll. Keunggulan kursus online adalah hemat biaya karena tidak perlu sewa tempat, hemat waktu karena tidak perlu datang ke tempat kursus belum lagi jika macet, dan peserta bisa mengatur waktu kursusnya sendiri. Dengan demikian biaya tentu bisa lebih hemat.

Demikianlah 7 ide bisnis online yang bisa Anda coba. Manakah yang cocok untuk Anda? Atau sudah memulai bisnis online Anda sendiri? Silakan dibagi melalui form komentar. Salam sukses untuk Anda…

Tulisan Lainnya:

Manfaat Google Webmaster Tools Bagi teman-teman blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan google webmaster tools. Bagi yang belum, berikut ini manfaat google webmaster tools yang ...
Mestakung Rahasia Sukses Yohanes Surya Mestakung (=seMESTA menduKUNG) adalah dukungan semesta (segala sesuatu yang berada disekitar kita) untuk melepaskan kita dari kond...
Cara Meningkatkan Percaya Diri Foto dari Pexels.com Percaya diri adalah salah satu penunjang kesuksesan. Oleh karena itu, setiap orang senantiasa mencari cara meningkatkan perca...