Foto dari Pixabay.com

Menetapkan tujuan adalah hal lumrah yang dilakukan untuk mencapai kesuksesan. Namun, banyak sekali orang membuat beberapa kesalahan yang mungkin tidak disadari saat menetapkan tujuan.

Kesalahan-kesalahan ini menyebabkan tidak terwujudnya tujuan yang diinginkan dan kehilangan harapan. Di bawah ini tercantum 5 kesalahan  yang kerap dilakukan orang ketika menetapkan tujuan.

Kesalahan pertama adalah menetapkan tujuan yang tidak jelas.

Orang kadang menetapkan tujuan yang tidak jelas. Misalnya, saya ingin membaca buku lebih banyak. Tujuan ini tidak jelas karena tidak ada ide yang pasti untuk mengukur hasilnya.

Lebih banyaknya itu seperti apa. Dalam jangka waktu berapa lama lebih banyak itu akan tercapai.

Kesalahan kedua adalah menetapkan tenggat waktu yang sulit dipenuhi.

Sebagian orang terkesan terburu-buru ingin mencapai sesuatu ketika menetapkan tujuan. Mereka tidak memikirkan apakah waktu yang berikan masuk akal untuk memenuhi target yang ingin diwujudkan.

Misalnya begini,

“Dalam 2 bulan ke depan (November – Desember), saya akan menurunkan berat badan saya 22 kg – dari 97 kg menjadi 75 kg.”

Kalau kita hitung-hitung, itu berarti harus menurunkan berat badan 11 kg per bulan atau rata-rata 2.75 kg per minggu. Ini tenggat waktunya sangat terbatas. Jangankan 2.75 kg per minggu, 1 kg aja susaaaahhhh… xixixi.

Kesalahan ketiga adalah menetapkan batasan ketika mencoba untuk mencapai tujuan.

Dalam usaha mencapai tujuan kadang kita menemukan kendala dan tanpa sadar beranggapan tidak bisa mengatasinya. Timbul pikiran bahwa kemampuannya hanya sampai di situ. Tidak mungkin melewati batasan tersebut.

Padahal, untuk mencapai tujuan prosesnya itu dinamis. Jangan memberi batasan pada cara Anda mencapai tujuan. Jika jalan satunya tertutup, cobalah cari jalan lain yang mungkin terbuka.

Kesalahan keempat yang kerap dilakukan orang adalah membicarakan hal-hal yang penting terkait tujuan dengan orang yang salah.

Ketika Anda menetapkan tujuan, pro dan kontra dari orang-orang di sekitar Anda adalah hal yang biasa. Ada yang mendukung dan ada juga yang tidak.

Nah, orang-orang yang tidak mendukung ini kadang melontarkan komentar negatif yang bisa melemahkan semangat Anda. Atau mungkin juga memberikan saran yang keliru, sehingga Anda mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan atau kesuksesan.

So, pilih-pilihlah orang yang tepat untuk membicarakan tujuan Anda. Jangan sampai Anda mencari penyemangat justru mendapatkan komentar negatif yang merongrong semangat.

Terakhir atau kelima adalah kebanyakan orang tidak memiliki rencana tindakan yang tepat untuk mencapai tujuannya.

Tanpa rencana tindakan yang jelas, maka semua tujuan Anda hanyalah mimpi belaka. Memang butuh waktu yang cukup lama, kerja keras, kesabaran, dan riset mendalam untuk menyusun rencana yang mumpuni untuk mencapai suatu tujuan.

Dalam banyak kasus, orang tidak dapat mencapai tujuannya meskipun tujuan itu sudah tetapkan, karena tidak adanya rencana tindakan untuk mewujudkannya. Atau kurangnya integritas untuk melakukan semua tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Jadi, dari tulisan di atas Anda telah mengetahui tentang kesalahan yang kerap dilakukan orang ketika menetapkan suatu tujuan. Hanya jika Anda dapat mempelajari kesalahan dan mengingatnya, maka Anda dapat mencapai kesuksesan sesuai yang Anda rencanakan.

Selamat mewujudkan tujuan-tujuan Anda…

Tulisan Lainnya:

Setelah Lulus Kuliah Mau Ngapain? Saya sedang asyik menikmati sebutir tape ketan hitam di rumah Om ketika beliau tiba-tiba bertanya. “Man, nanti setelah lulus mau ngapain?” Tape...
Tips Sukses Wawancara Kerja Foto dari stockunlimited.com Berikut ini adalah tips sukses wawancara kerja untuk membantu Anda melewati salah satu tahapan yang sangat krusial da...
Autoresponder Gratis Listwire Salah satu senjata andalan pebisnis online adalah autoresponder. Ada banyak autoresponder, baik yang berbayar hingga autoresponder gratis. Saya sendir...