mencari pekerjaanTidak terasa kita sudah berada di bulan Maret 2014. Sudah berapa banyak resolusi tahun baru Anda yang tercapai? Banyak hal yang bisa ada di resolusi tahun baru kita. Apa saja yang ingin dicapai, apa yang perlu dibenahi, atau mungkin ingin mengubah sesuatu dalam hidup. Jika di tahun sebelumnya belum merasa puas dengan pekerjaan dan memasukkan sebagai resolusi tahun ini, sudah sejauh mana pelaksanaannya?

Salah satu kelemahan banyaknya resolusi yang tidak tercapai adalah kurang spesifik. Hanya gambaran besar saja tanpa adanya detail bagaimana memenuhinya. Ibarat mau ke Mall Blok M tapi tidak tahu cara ke sananya.

Nah, berikut ini beberapa tips hal-hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan baru, sebagaimana ditulis di www.journalstar.com.

1. Tentukan Tujuan

Buatlah tujuan yang jelas, pekerjaan apa yang ingin dicari, dimana, kapan, dan bagaimana mencarinya. Anda bisa memakai cara SMART dalam merumuskan tujuan, seperti yang pernah saya tulis sebelumnya. Semakin jelas tujuan Anda semakin bagus, karena akan memberikan arah dalam pelaksanannya.

2. Buatlah Mencari Pekerjaan Sebagai Pekerjaan

Jika benar-benar ingin mendapatkan pekerjaan baru, buatlah mencarinya sebagai suatu pekerjaan. Jangan hanya menempatkannya sebagai sampingan.

3. Fokus, Tapi Jangan Batasi Diri Anda

Jika sudah menetapkan tujuan fokuslah pada tujuan tersebut, tapi tetap harus fleksibel dalam artian tujuan tersebut bisa berubah tergantung situasi yang terjadi. Contohnya begini, saya dulu ingin bekerja di perusahaan migas. Berbagai usaha sudah saya lakukan, ikut tes beberapa kali, tapi belum berhasil. Kemudian ada kesempatan bekerja di perusahaan jasa migas. Kesempatan ini saya ambil, bukan karena melupakan tujuan awal, tapi sebagai batu loncatan untuk sampai ke tujuan. Terbukti setelah memiliki beberapa tahun pengalaman, akhirnya saya bisa bekerja di perusahaan migas.

4. Revive the informational interview

Jangan pasif, carilah informasi tentang lowongan pekerjaan kepada orang-orang yang potensial memberi informasi tentang hal itu. Disinilah pentingnya jaringan atau networking.

5. Get Creative

Jaman sudah berubah Bro… sekarang jamannya media sosial. Jangan hanya mengandalkan CV, buatlah akun LinkedIn dan lengkapi profil keahlian Anda di dalamnya. Jangan hanya menggunakan facebook dan twitter untuk stalking akun orang lain. Media sosial ini bisa dimanfaatkan untuk mencari kerja. Caranya pernah saya tulis disini.

Semoga berhasil ya…

Tulisan Lainnya:

Cara Menjaga Motivasi Diri Menjaga motivasi diri agar tetap meningkat atau minimal sama dari waktu ke waktu memerlukan perjuangan. Mengingat banyaknya hal-hal yang dapat membuat...
Kunci Sukses: Sabar dan Tekun Saya teringat sebuah kejadian di suatu sore di kosan saya beberapa tahun silam. Kala itu, saya bersama beberapa orang teman sedang nongkrong di depan ...
Musyawarah Daerah (Musda) BPD KKSS Tangerang Selatan Sabtu, 13 Februari 2016, Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, Tangerang Selatan (BPD KKSS Tangsel) menggelar acara Musyawarah Da...