Foto dari stockunlimited.com

Wawancara kerja boleh jadi merupakan momok tersendiri bagi yang baru lulus atau fresh graduates. Bagaimana tidak, pada sesi ini pelamar kerja harus bertatap muka dengan calon pemberi kerja. Belum lagi jika ditambah dengan tidak adanya pengalaman menghadapi wawancara kerja sebelumnya.

Berbagai pertanyaan akan muncul dalam benak, mulai dari pakaian yang mesti dipakai, suasananya nanti seperti apa, pewawancaranya galak atau tidak, sampai pada pertanyaan yang mungkin ditanyakan.

Pada tulisan ini, saya tidak akan membahas semuanya. Hanya fokus pada 3 pertanyaan wawancara kerja yang kerap ditanyakan dan kadang membuat bingung fresh graduates untuk menjawabnya. Seperti ditulis dalam Careerigniter, Jumat (11/7/2014), berikut beberapa pertanyaan dan tips menjawabnya.

Ceritakan Tentang Diri Anda

Jangan salah mengartikan pertanyaan ini. Kadang ada fresh graduates yang begitu semangat menceritakan siapa dirinya secara pribadi, mulai dari hobinya sampai tim sepakbola favoritnya. Percayalah, pewawancara tidak tertarik untuk mendengarnya.

Ceritakanlah sesuatu tentang Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Misalnya latar belakang pendidikan, prestasi akademik yang pernah dicapai, prestasi lain yang berhubungan, dll yang berhubungan.

Apa Kelemahan Anda?

Ini termasuk pertanyaan yang sering ditanyakan dan cukup sulit untuk dijawab. Dijawab jujur takutnya malah menjadi alasan tidak diterima bekerja. Mengatakan Anda tidak memiliki kelemahan juga bukan hal bijak untuk dikatakan.

Beberapa buku dan artikel yang pernah saya baca menyarankan untuk menjawabnya secara jujur namun positif. Hmmm… bagaimana maksudnya? Saya kasih contoh aja, misalnya:

“Kelemahan saya adalah manajemen waktu. Saya kadang lama dalam mengerjakan sesuatu karena ingin memastikan semuanya sudah sesuai dengan permintaan. Tapi, hal ini dapat saya atasi dengan selalu membuat timeline terhadap sebuah pekerjaan sehingga bisa selesai tepat waktu.”

Di Mana Anda Melihat Diri Anda Lima Tahun ke Depan?

Ini untuk mengetahui apa sebenarnya rencana jangka panjang Anda. Jangan salah jawab dengan mengatakan 5 tahun yang akan datang akan bekerja di perusahaan lain dengan posisi dan gaji lebih baik.

Jawablah rencana 5 tahun yang akan datang jika bekerja di perusahaan tersebut. Misalnya:

“5 tahun lagi saya akan menjadi team leader terbaik yang dimiliki perusahaan ini, yang bisa menangani dan mengatur berbagai proyek”.

Nah, demikianlah 3 contoh pertanyaan wawancara kerja bagi fresh graduates. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kesuksesan Anda menghadapi wawancara di masa datang.

Tulisan Lainnya:

Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami Gambar dari pxels.com Pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” sering kali diajukan saat wawancara kerja. Beberapa kali saya me...
Contoh Jawaban Wawancara Kerja Pada postingan sebelumnya, sudah saya tuliskan 3 contoh pertanyaan menjebak dalam wawancara kerja dan bagaimana cara menjawabnya. Kali ini saya ing...
Cara Menjawab Pertanyaan yang Umum Diajukan Saat Wawancara Kerja Gambar dari pexels.com Di tulisan kali ini saya akan mengulas tentang beberapa pertanyaan yang umum diajukan saat wawancara kerja dan contoh jawab...