pekerjaanJika saat ini Anda sedang mencari pekerjaan, mungkin Anda sudah sibuk dengan berbagai hal yang berhubungan dengannya. Mulai dari mencari iklan lowongan di koran atau di internet, hingga mengirim lamaran dan CV ke perusahaan. Ketika sibuk seperti ini, kadang kita lupa dengan hal-hal kecil yang bisa menunjang keberhasilan dalam mencari pekerjaan.

Jen Hubley melalui PayScale.com menuliskan tiga hal kecil yang bisa membantu dalam mendapatkan pekerjaan.

1. Mintalah teman untuk membaca CV Anda

Pada saat selesai membuat CV, tentu setiap orang sudah melakukan cek dan ricek. Namun, pada dasarnya adalah sulit untuk menemukan kesalahan kita sendiri. Sehingga, CV yang sudah ditulis biasanya sudah dianggap sempurna. Untuk lebih meyakinkan, tidak ada salahnya meminta pendapat teman atau mungkin kenalan yang bekerja di bidang yang sama dengan yang akan dilamar. Paling tidak pendapat mereka bisa menjadi masukan untuk perbaikan.

Seorang adik kelas saya di kampus pernah melakukan ini ketika ada reuni kecil-kecilan. Sengaja ia membawa CV-nya dan meminta pendapat kami yang sudah bekerja tentang isi dan cara penyajiannya. CV tersebut tentu saja sudah sempurna menurut dia, tapi setelah dibaca oleh beberapa orang ternyata banyak masukan. Misalnya, kursus yang dimasukkan terlalu banyak, bahkan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar pun dimasukkan. Jumlah halaman yang mencapai empat lembar dinilai terlalu banyak, sebaiknya dipilah-pilah lagi informasinya sehingga tertinggal hanya dua halaman.

Masukan-masukan seperti ini tidak akan kita dapatkan jika tidak meminta orang lain untuk membaca CV yang sudah dibuat. Dan masukan tersebut bisa sangat membantu untuk membuat CV yang dikirimkan lebih berkualitas dan menarik.

2. Selalu update profil di media sosial

Jika punya akun media sosial, jangan lupa update profil Anda ketika sedang mencari kerja. Paling tidak teman-teman yang terhubung dengan Anda bisa mengetahui bahwa Anda sedang mencari kerja.

Saat ini informasi pekerjaan bisa dari mana saja, termasuk teman-teman di media sosial. Dengan mengetahui status Anda, barangkali saja ada yang memiliki informasi lowongan yang kemudian diteruskan ke Anda.

3. Perhatikan Body Language

Body language sangat penting saat wawancara. Kadang-kadang kita tidak menyadari telah melakukan hal-hal yang bisa memberi kesan negatif, misalnya bertolak pinggang, menyilangkan tangan di depan atau melupakan eye contact. Jika Anda tidak ingin dinilai memiliki kepribadian yang kurang menyenangkan, jangan lakukan hal tersebut.

Demikianlah tiga hal kecil yang bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan. Bagaimana dengan Anda, apakah mempunyai pengalaman tentang hal-hal kecil yang ternyata menunjang keberhasilan Anda mendapatkan pekerjaan?

Tulisan Lainnya:

Warna Pakaian Paling Cocok untuk Wawancara Kerja Foto dari Pixabay.com Mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pencari kerja. Hingga saat ini pun saya ma...
Polemik Blok Masela Blok Masela terletak di Laut Arafura, sekitar 800 km sebelah timur Kupang, ibukota Nusa Tenggara Timur, atau sekitar 400 km di utara kota Darwin, Aust...
9 Ide Bisnis Rumahan Memilih ide bisnis rumahan bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang karena begitu banyaknya ide bisnis yang ada di sekitar kita. Susah karena ban...