blogSalah satu kesenangan menulis di blog adalah jika blog yang ditulis dikunjungi, dibaca, dan ada jejak yang ditinggalkan seperti komentar akan isi blog. Kedengarannya sepele, tapi untuk membuat pengunjung melakukan interaksi bukan hal mudah. Saya sendiri sering mengecek bouncing rate blog ini yang masih berkisar 80%. Artinya adalah sebagian besar pengunjung blog ini langsung cabut ketika mereka baru masuk atau membaca satu tulisan, itupun mungkin tidak lama. Bagaimana mereka mau membaca secara menyeluruh suatu tulisan dan kemudian berkomentar.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya. Namun, kita tidak akan membahas itu. Yang akan saya ulas adalah 10 tips agar pengunjung bisa tinggal lama berkunjung di blog dan meninggalkan komentar, sehingga bisa timbul interaksi. Tips ini ditulis oleh Melonie Dodaro di www.topdogsocialmedia.com

1. “How To” Blogs: Stop Telling Readers What To Do, Show Them How

Daripada menulis apa yang mesti dilakukan oleh pembaca, lebih baik menulis bagaimana cara melakukannya. Seperti di blog ini, yang paling populer sepanjang masa adalah “cara menghapus foto di facebook”.

2. Embed A Video That Support Your Points

Video bisa menjadi sesuatu yang menarik bagi pengunjung blog. Karena mengikuti petunjuk yang ditulis mungkin agak sulit bagi sebagian orang. Sehingga, melihat langsung caranya melalui video akan lebih memudahkan.

3. Put Tweetable Quotes In Your Blogs

Sekarang adalah eranya sosial media. Orang suka berbagi melalui media tersebut, misalnya twitter. Jangan lupa menyisipkan quote dalam sebuah tulisan yang tidak lebih dari 140 karakter, sehingga bisa ditweet oleh pembaca blog.

4. Give Them Something Visual To Share

Selain twitter, ada sosial media lain seperti facebook dan pinterest. Buatlah visual atau gambar yang menarik di dalam artikel yang bisa mendorong pembaca untuk membaginya ke facebook atau pinterest mereka. Salah satu contoh adalah quote. Selain ditulis, quote juga dapat dibuat dalam sebuah visual yang menarik.

5. Embed Social Media Posts In Your Blog

Jika menemukan postingan dari sosial media yang relevan dengan topik tulisan, Anda bisa memasukkannya untuk mendukung tulisan Anda. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung yang bersumber dari sosial media.

6. Consider Using Facebook’s Commenting System

Saat ini, bagian komentar di blog bisa dihubungkan dengan facebook. Sehingga memudahkan pengunjung, khususnya pengguna facebook, untuk melakukan komentar. Tidak perlu mengisi nama, dll, jika mereka sudah login ke facebook maka dapat melakukan komentar dengan mudah.

7. Setup Google Authorship

Google Authorship

Google Authorship

Dengan authorship bisa memunculkan foto di hasil pencarian. Ini bisa lebih mendorong orang untuk masuk ke blog, namun sepertinya tidak semua ditampilkan. Faktornya apa saya tidak mengerti, tapi hasil pencari blog ini yang dulunya menampilkan foto saya, sekarang ini tidak lagi.

8. Get Personal

Jangan hanya menulis, cobalah untuk menulisnya lebih dalam, lebih personal.

9. Get Mobile Friendly

Eranya warnet sudah berlalu, sekarang eranya gadget. Orang-orang membaca web atau blog melalui gadget mereka. Memakai themes yang responsif akan membantu pengunjung yang memakai gadget.

10. Quality Over Quantity Wins

Daripada mengejar harus posting dua atau tiga artikel setiap hari yang akhirnya dibuat seadanya. Lebih baik dua atau tiga artikel seminggu tapi dibuat dengan kualitas yang memadai.

Yang mana menurut Anda paling bermanfaat?

Dari 10 tips di atas mungkin ada diantaranya yang sudah Anda terapkan di blog. Yang manakah menurut Anda yang paling jitu dalam membuat pengunjung bertahan lama membaca dan meninggalkan komentar? Atau Anda punya tips lainnya? Jangan ragu untuk membaginya di kolom komentar… 🙂

Tulisan Lainnya:

Tips Sukses Wawancara Kerja Foto dari stockunlimited.com Berikut ini adalah tips sukses wawancara kerja untuk membantu Anda melewati salah satu tahapan yang sangat krusial da...
Melatih Otot Menulis dengan Free Writing Kemarin (4/2/18), saat jalan-jalan ke Gramedia Aeon Mall, saya melihat sebuah buku yang menarik perhatian saya. Judulnya "Free Writing" yang ditulis o...
10 Pekerjaan yang Cocok untuk Orang Introvert Foto dari stockunlimited.com Apakah Anda seorang yang introvert? Kalau "IYA", maka postingan ini cocok buat Anda. Kalau "TIDAK", Anda boleh ...