Kali ini saya akan menulis tentang presentasi, bukan pengertian presentasi tetapi sesuatu yang didambakan oleh setiap presenter. Menyampaikan presentasi dengan sukses adalah maksud saya. Untuk mencapainya diperlukan persiapan matang, baik itu materi atau isi presentasi maupun personal.

Gugup bisa menjadi masalah utama saat presentasi. Namun, dengan banyak latihan dan ditunjang dengan penguasaan materi dengan baik, hal ini bisa diatasi. Berikut ini beberapa tips sukses melakukan presentasi.

Persiapan

  • Memahami dengan baik tujuan Anda melakukan presentasi dan siapa saja pendengarnya.
  • Membuat struktur presentasi. Biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Pada bagian pendahuluan terdapat pengantar mengenai materi yang akan dibawakan dan outline presentasi. Isi merupakan bagian utama dari presentasi dan terakhir adalah kesimpulan.
  • Menyiapkan bahan dan materi penunjang, misalnya gambar ilustrasi, tabel, atau grafik. Kemudian menyusunnya sesuai dengan struktur yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Berlatih menyampaikan presentasi. Perhatikan apakah strukturnya sudah pas dan berkesinambungan. Jika belum, lakukan penyesuaian atau mungkin penambahan. Selain itu, banyak berlatih akan membantu meningkatkan kepercayaan diri.
  • Periksa tempat presentasi Anda. Ini akan sangat membantu bagaimana mengatur posisi saat menyampaikan presentasi dan agar menjadi familiar. Jika Anda harus mengatur sendiri persiapan presentasi, pastikan Anda mengetahui letak alat-alat pendukung dan bagaimana mengoperasikannya.

Penyampaian

  • Datang lebih awal dan pastikan semua berfungsi dengan baik.
  • Tampil dengan performa terbaik. Mulai dari pakaian, bahasa tubuh, tata bahasa, cara penyampaian, dan jangan lupa tersenyum. Ini akan sangat berpengaruh terhadap kredibilitas Anda bagi audiens. Jika Anda tampil percaya diri, audiens pun akan percaya terhadap Anda.
  • Jangan terlalu tegang, selipkan humor untuk menghangatkan suasana.
  • Jangan lupa penekanan pada bagian penting presentasi Anda. Misalnya dengan suara yang lebih tegas atau pengulangan.
  • Jangan lupa eye contact selama presentasi. Ini akan membuat seakan-akan Anda berbicara langsung ke masing-masing audiens dan membuat jarak antara Anda dengan mereka jadi dekat.

Demikianlah beberapa tips yang biasa saya gunakan untuk melakukan presentasi. Mudah-mudahan tips ini bisa membantu Anda membawakan presentasi yang baik dan sukses mencapai tujuan.

Tulisan Lainnya:

Kode Emotion Facebook Bagi yang senang chat di Facebook, menambahkan kode emotion atau emoticon alias smiley tentu menjadi hal kudu atau wajib agar nampak lebih menarik. Be...
Menyembunyikan Status Teman dari News Feed Faceboo... Mungkin ada pemakai facebook yang mempunyai teman yang selalu update status yang aneh-aneh dan sering sekali. Mau di-unfriend gak enak, soalnya teman....
Mencari Iklan Lowongan Kerja di Twitter Mencari iklan lowongan kerja bisa dilakukan di mana saja di internet, baik itu lewat Om Google, situs lowongan kerja, atau social media seperti twitte...