Semalam (7/2/18) saya ikut ronda di perumahan saya. Ini adalah kegiatan baru buat warga di perumahan saya tinggal akibat tingkah polah maling yang semakin meresahkan akhir-akhir ini.

Beberapa bulan terakhir telah terjadi peristiwa kemalingan yang terjadi di beberapa blok. Malingnya bahkan berani masuk ke dalam rumah, bukan hanya rumah yang sedang ditinggal penghuninya, rumah yang ada orangnya pun tak luput jadi korban.

Seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu di rumah tetangga saya. Kejadiannya sekitar jam 2 malam. Malingnya manjat dari tembok belakang, kemudian mencoba membuka jendela lantai atas. Ketika sedang mencoba membuka jendela itu si maling kepergok salah seorang yang ada di rumah.

Begitu tuan rumah teriak, si maling langsung kabur. Entah kemana. Karena setelah tetangga beberapa menit kemudian berdatangan, si maling tidak tampak batang hidungnya.

Menurut pengakuan yang memergoki, maling yang berusaha masuk itu memakai topeng dan membawa senjata tajam.

Kejadian serupa pernah terjadi di blok belakang. Maling masuk sekitar jam 2 malam juga melalui lantai 2. Saat itu, semua penghuni rumah dalam keadaan terlelap. Jadilah si maling membawa kabur laptop, hp, uang, dan barang berharga lainnya yang mudah dibawa.

Menurut info dari tetangga, di perumahan lain di sekitar juga mengalami kejadian serupa. Maling yang masuk rumah dan mengambil barang-barang yang mudah dibawa.

Kejadian ini benar-benar meresahkan, bukan saja soal kehilangan barang, tapi kenekatan si maling masuk rumah dan membawa senjata tajam bisa membahayakan penghuni rumah jika terpergok saat sedang beraksi.

Banyaknya kejadian dan keresahan yang semakin menjadi membuat warga sepakat untuk mengambil beberapa tindakan prefentif. Pak RT bersama warga setelah melakukan rembuk akhirnya menyepakati beberapa hal.

Pertama adalah perlu diadakan ronda secara bergiliran setiap malamnya. Kemudian penambahan lampu penerangan di beberapa sudut yang masih gelap, membuat teralis di beberapa saluran air yang aksesnya langsung ke sungai yang mengitari perumahan.

Selain itu, perlu dibuat sistem tanggap darurat agar ketika ada kejadian malingnya bisa tertangkap, misalnya dibuat tombol panik di setiap rumah atau lainnya. Jangka panjangnya akan dibuat sistem CCTV untuk memantau lingkungan sekitar yang dipasang di beberapa titik strategis.

Ikut ronda ini memang seru, meskipun harus mengurangi jam tidur. Paling tidak lingkungan jadi aman terkendali dan bisa dijadikan ajang bersilaturahim dengan tetangga.

Tulisan Lainnya:

Cara Menghapus Teman di Facebook Pada postingan sebelumnya saya sudah menulis tentang cara menghapus foto di facebook. Tulisan berikut ini tentang cara menghapus teman di facebook, kh...
Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Facebook Timeline Tulisan ini mungkin sudah agak terlambat, mengingat tampilan baru facebook atau facebook timeline sudah dirilis beberapa bulan yang lalu. Tapi tak apa...
Tips Membuat Bio Twitter Sebelum follow seseorang, saya biasanya membaca bio twitternya. Namun sayangnya, tidak semua orang menyempatkan diri untuk menulis bio atau ada juga s...