Geophysicist | Blogger | Author | Trainer

Perbedaan Resume dan CV

Anda mungkin pernah merasa bingung apa sih perbedaan resume dan CV? atau mungkin merasa keduanya tidak berbeda. Saya pun dulu menganggap resume dan CV sama saja, hanya persoalan istilah saja. Tapi, ternyata kedua istilah ini sebenarnya berbeda meskipun sama-sama digunakan untuk melamar pekerjaan.

Resume biasanya hanya terdiri dari satu atau dua halaman maksimal. Berisi informasi tentang diri Anda, latar belakang pendidikan, latar belakang pekerjaan, dan keahlian Anda. Informasi tersebut dielaborasi secara padat dan menarik dalam dua halaman maksimal. Tujuannya untuk memberi informasi tentang kualifikasi Anda secara singkat dan padat.

CV atau curriculum vitae biasanya lebih dari dua halaman. Isinya lebih lengkap dibandingkan resume. Di CV Anda bisa menambahkan publikasi ilmiah, keanggotaan organisasi, penghargaan yang pernah diraih, dll informasi yang dianggap relevan dengan pekerjaan yang ingin dilamar.

Kapan Pakai Resume atau CV?

Tergantung permintaan pekerjaan yang akan Anda lamar. Biasanya dituliskan apakah mengirimkan CV atau resume. Saya sih lebih sering menggunakan CV jika mengirim lamaran pekerjaan karena bisa memasukkan sebanyak mungkin informasi yang relevan dan tetap menarik tentunya.

Demikianlah perbedaan resume dan cv, jika ada pendapat lain atau tambahan, silakan… :)