pekerjaan yang cocok untuk orang introvert

Foto dari stockunlimited.com

Apakah Anda seorang yang introvert?

Kalau “IYA”, maka postingan ini cocok buat Anda.

Kalau “TIDAK”, Anda boleh tetap membaca agar mengerti sekiranya ada kawan Anda yang introvert.

Kalau “GAK TAU”, silakan baca terus agar Anda jadi tahu kalau termasuk introvert atau tidak.

Apakah itu introvert?

Introvert adalah salah satu jenis kepribadian yang ada dalam psikologi yang pertama kali dicetuskan oleh Carl Jung. Kepribadian introvert dianggap mendapatkan gairah lewat menyendiri, biasanya cenderung pendiam, suka merenung, dan lebih perduli tentang pemikiran mereka dalam dunia mereka sendiri (Wikipedia).

Tipe kepribadian yang lainnya adalah ektrovert. Kedua tipe kepribadian ini banyak dipakai dalam tes kepribadian dikombinasikan dengan yang lainnya. Misal, kita mengenal  Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), kalau di Indonesia ada STIFIn.

Sebenarnya, setiap orang memiliki kedua jenis kepribadian. Hanya saja dalam keseharian, orang memiliki kecenderungan menjadi introvert atau ekstrovert dalam bertindak.

Apa tanda-tanda seorang introvert?

Jika Anda belum tahu termasuk introvert atau ekstrovert, berikut ini beberapa tanda-tanda yang bisa Anda pakai. Tanda-tanda ini sudah saya evaluasi sendiri dan memang pas.

Ya, saya termasuk introvert. Kalau dari tes MBTI yang saya coba beberapa kali, hasilnya macam-macam, ada INFJ, INTJ, dan ISTJ. Tapi yang paling sering adalah ISTJ (introvert – sensing – thinking – judging).

Tanda-tanda introvert, seperti dilansir dalam verywell.com.

Merasa terkuras energinya jika berada di sekitar orang banyak

Tidak seperti ekstrovert yang energinya jadi membuncah jika di sekitar orang banyak, introvert justru akan merasa energinya tersedot. Setelah itu, introvert akan memilih menyendiri untuk memulihkan energinya.

Saya termasuk orang yang kehabisan energi jika berada di sekitar banyak orang, apalagi jika itu orang-orang yang tidak saya kenal, misalnya acara pesta. Saya biasanya ingin cepat-cepat pulang dan istirahat di rumah.

Menikmati kesendirian

Jika Anda lebih memilih diam di rumah membaca buku kesukaan dibanding jalan ke mall, maka Anda kemungkinan besar introvert.

Tidak berarti introvert lebih senang kesendirian sepanjang waktu. Mereka juga suka berkumpul dan berinteraksi dengan kawan-kawan dekat dalam situasi lepas. Namun, setelah itu biasanya mereka memerlukan waktu untuk sendiri.

Memiliki kelompok kecil teman dekat

Introvert memang tidak menyenangi aktivitas bersosialisasi. Namun, tidak berarti mereka tidak memiliki teman. Introvert biasanya memiliki teman-teman dekat yang tidak banyak, karena mereka cenderung hati-hati dalam berteman.

Jika Anda memiliki lingkaran pergaulan yang kecil dengan teman yang begitu dekat, kemungkinan Anda seorang introvert.

Anda sering disebut sebagai orang yang tenang

Beberapa kawan menyebut saya anteng alias tenang atau pendiam. Sebenarnya sih tidak juga. Saya hanya kadang memikirkan dengan matang kata-kata saya sebelum diucapkan. Dan, memilih diam daripada ngobrol yang tidak perlu. Tsah… alasan… hehehe.

Kalau Anda tipe yang anteng seperti saya, kemungkinan Anda seorang introvert.

Gimana?

Dari empat tanda-tanda di atas, sudah bisa menyimpulkan Anda termasuk introvert atau bukan?

Seharusnya sih sudah bisa.

Kalau belum juga… Sungguh terlaaaaalu…

Pekerjaan yang cocok bagi orang introvert

Bagi Anda yang introvert seperti saya, berikut ini 10 pekerjaan yang cocok dibandingkan lainnya.

  • Animal Care And Service Workers
  • Archivist
  • Astronomer
  • Court Reporter
  • Film/Video Editor
  • Financial Clerk
  • Geoscientist
  • Industrial Machine Repairer
  • Medical Records Technician
  • Social Media Manager

Pekerjaan-pekerjaan di atas adalah hasil kompilasi, sebagaimana dilansir dalam thebalance.com.

Yang menarik dari list di atas adalah Geoscientist, karena saya sendiri adalah Geoscientist… hehehe.

Pekerjaan ini memang cocok buat introvert karena lebih banyak berhubungan dengan bumi dan komputer dibanding orang. Meskipun, kadang-kadang juga perlu berinteraksi dengan orang lain.

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk membatasi diri Anda. Entah Anda introvert atau lainnya, Anda adalah orang yang paling tahu tentang potensi diri Anda. Anda bisa bermimpi jadi apa saja dan mengejarnya sesuai dengan potensi yang Anda miliki.