Aturan Baru Gross Split Migas, Akankah Lebih Menarik dan Efisien Dibanding PSC?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dalam hal ini Pak Jonan, resmi mengganti sistem Production Sharing Contract (PSC) menjadi Gross Split dengan terbitnya Peraturan Menteri ESDM Nomor 8 Tahun 2017, tentang Kontrak Bagi Hasil Gross Split (migas.esdm.go.id, 20/01/2017).

Peraturan baru tersebut mengakhiri perjalanan panjang sistem PSC yang di dalamnya terdapat aturan Cost Recovery. Sistem PSC ini telah lama dianut dan diterapkan dalam industri migas nasional.

(more…)

Ribuan Pekerja Migas Terancam PHK. Apa yang Bisa Dilakukan Jika Benar-benar Mengalaminya?

Judul tulisan ini boleh jadi sudah terlambat. Karena pada kenyataannya, sebelum tulisan ini dibuat sudah ada ribuan pekerja migas yang mengalami PHK.

Gelombang PHK ini terjadi akibat anjloknya harga minyak mentah dunia di akhir tahun 2014 dan masih terus berfluktuasi hingga saat ini. Harga minyak mentah yang di atas USD 100 pada quarter pertama 2014, terus anjlok dan berfluktuasi hingga titik terendah sekitar USD 30 di awal tahun 2016 (lihat grafik untuk jelasnya).

(more…)

Polemik Blok Masela

Blok Masela terletak di Laut Arafura, sekitar 800 km sebelah timur Kupang, ibukota Nusa Tenggara Timur, atau sekitar 400 km di utara kota Darwin, Australia. Kedalaman air laut berkisar 300-1000 meter (wikipedia.org).

(more…)