Geophysicist | Blogger | Author | Trainer

Konsisten

Konsisten… mudah diucapkan namun kadang susah melakukannya. Konsisten bisa diartikan taat prinsip, taat pada program, atau taat pada tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Misal, dalam sehari saya harus meluangkan waktu paling tidak satu jam untuk membaca. Ketika Anda melanggar atau tidak melakukannya, maka Anda jadi tidak konsisten.

Memang bukan perkara mudah, saya pun pernah mengalami dan hasilnya tujuan tidak tercapai, program jadi berantakan, dll. Namun demikian, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Ada beberapa tips yang biasa saya lakukan agar tetap konsisten.

  • Senantiasa ingatkan pikiran. Kadangkala kita tidak konsisten karena lupa. Makanya, pikiran perlu diingatkan. Misalnya dengan membuat catatan kecil yang ditempel dekat tempat tidur atau meja kerja, sehingga Anda bisa membacanya kapan saja.

  • Jangan pusingkan hasilnya dulu, yang penting proses. Saya pernah program diet untuk menurunkan berat badan. Hampir setiap pagi saya berdiri di atas timbangan dan tidak melihat adanya perkembangan. Akibatnya, program dietnya kacau balau. Beda dengan istri saya, Ia fokus menjalankan programnya secara konsisten tanpa memusingkan angka timbangan. Hasilnya, dalam dua bulan Ia berhasil menurunkan beberapa kg. Sementara saya masih saja jalan di tempat.
  • Temukan cara paling menyenangkan untuk melakukannya. Kadang kita berpikiran “ah… saya tidak suka membaca, gak usah ah”. Hasilnya, ilmu pengetahuan kita ketinggalan jauh dengan yang lain. Program untuk membaca paling tidak sejam sehari jadi tidak terlaksana. Kalau tidak suka membaca buku, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan. Apalagi sekarang era internet, surfing dan baca aja di dunia maya.

Demikianlah beberapa tips yang biasa saya lakukan agar senantiasa konsisten. Semoga bermanfaat… kalau Anda punya tips sendiri, dishare ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *