Geophysicist | Blogger | Author | Trainer

Kiat Sukses

Kiat Sukses. Pernahkah Anda melihat orang sukses dan bertanya-tanya dalam hati, apa sih yang membuatnya bisa sukses? Apa yang dilakukannya? Apa kiatnya untuk sukses? Ini adalah pertanyaan yang wajar karena semua orang pasti memiliki keinginan untuk sukses, ingin berhasil, atau ingin berprestasi di suatu bidang.

Banyak artikel atau buku yang membahas tentang ini. Mungkin Anda punya bukunya atau pernah menemukan artikelnya di internet. Bahasannya bisa bermacam-macam tergantung sudut pandang penulisnya. Berikut ini tiga kiat penting yang harus dilakukan untuk bisa sukses dalam hal tertentu.

  • Menumbuhkan hasrat yang membara.
    Ingin sukses di bidang tertentu, maka hal pertama yang harus Anda tumbuhkan adalah hasrat yang membara atau keinginan yang kuat tentang hal itu. Inilah yang menjadi bahan bakar atau penggerak dalam melakukan tindakan untuk mencapainya. Tanpa ini, maka tindakan Anda akan lemah dan gampang patah semangat. Misalnya, ingin jadi ilmuwan yang hebat, maka harus ada hasrat yang membara untuk itu seperti yang dimiliki Thomas Alfa Edison. Karena itulah Alfa Edison berhasil dengan banyak temuan setelah sekian banyak kegagalan dilewatinya.
  • Yakin dengan kemampuan yang dimiliki.
    Percayalah Anda mampu meraihnya dengan dukungan kemampuan yang dimiliki. Tidak sedikit orang yang mengiginkan sesuatu, ingin berhasil di suatu bidang, namun kemudian mengurungkan kenginannya karena tidak percaya ia mampu meraihnya. Jika Anda sendiri tidak yakin dengan kemampuan Anda, bagaimana dengan orang lain? Tidak satu pun yang akan percaya. Jika Anda ingin diterima bekerja di sebuah perusahaan, maka Anda harus yakin lebih dahulu pada diri Anda baru kemudian Anda bisa meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda bisa melakukannya.
  • Kalahkan rasa takut.
    Banyak orang gagal duluan bahkan sebelum memulai sesuatu, karena apa? Karena takut melangkah. Ada banyak ketakutan dalam dirinya yang membuatnya hanya berdiam diri. Takut gagal, takut dicemooh orang lain, jangan-jangan begini, jangan-jangan begitu… Takut ini harus dikalahkan, bukan sekadar dilawan. Saya dulu takut merantau ke Jakarta, jangan-jangan tidak dapat kerja, takut gagal dan malu nanti kalau pulang kampung, dll. Tapi, saya paksakan juga dan alhamdulillah bisa survivehingga saat ini. Rasa takut yang menguasai Anda, hanya akan menjauhkan Anda dari sukses. Hmmm… kayaknya quote ini belum ada yang punya… :)

Demikianlah tiga kiat sukses dari saya sebagai langkah awal. Langkah selanjutnya tentu saja segera bertindak, karena tanpa tindakan semuanya hanya angan-angan. Jangan lupa berdoa agar dimudahkan jalannya untuk sukses, setelah itu baru tawakkal. Jangan tawakkal saja tanpa melakukan apa-apa… betul?

Tulisan ini saya elaborasi setelah membaca artikel berjudul “The Power of Ambition” dalam buku “100 Modern Essays” karya Mira Balachandran. Tulisan lain yang berhubungan dapat Anda temukan di kategori Tips Sukses.

Jangan lupa follow saya di twitter @kirman_syam. Jika ada pertanyaan, silakan mention aja atau bisa juga melalui form komentar. Semoga bermanfaat… :)

2 Comments

  1. bedanya orang sukses dengan yang tidak, kalau orang suses setelah gagal, jatuh bangun lagi, jatuh bangun lagi, bangun lagi dst
    kalau orang yang tidak sukses setelah jatuh tidak bangun….bangun

    • Betul… Yang terpenting dari sebuah kegagalan adalah bangkit kembali dan mengambil pelajaran darinya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *