Geophysicist | Blogger | Author | Trainer

Kekuatan Fokus

Fokus adalah memusatkan pikiran dan tenaga pada kemampuan atau bidang tertentu. Dengan menjadi spesialis berarti telah fokus terhadap sesuatu. Seperti halnya saya ketika memutuskan mendalami seismic processing. Boleh saja mencoba banyak hal dalam upaya pencarian passion, namun pada akhirnya harus fokus pada satu hal yang disenangi. Melakukan sesuatu yang disenangi bisa menjadi energi untuk terus melakukannya dalam waktu yang lama.

Memang bukan hal mudah karena dalam perjalanannya banyak sekali godaan yang mungkin terjadi. Saya punya teman sesama pencari kerja yang awalnya fokus di satu bidang. Di tengah jalan ia tergoda dengan teman lainnya yang cukup berhasil di bidang berbeda. Dia pun ganti arah dan mencoba bidang tersebut. Butuh waktu lagi bukan untuk belajar dan menyesuaikan diri agar bisa jadi expert. Setelah berhasil diterima bekerja, ia tidak menemukan kesenangan dengan apa yang dikerjakannya. Beberapa waktu kemudian ia pun berhenti dan kembali ke bidang semula.

Saya teringat sebuah cerita dari serial Mahabarata yang dulu ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta. Dalam satu kisah diceritakan seorang guru yang bijak sedang mengajar murid-muridnya seni memanah. Dia meletakkan burung kayu sebagai target dan meminta mereka untuk membidik mata burung tersebut.

Murid yang pertama diminta untuk menggambarkan apa yang dilihatnya. Dia berkata, “Aku melihat pohon, cabang, daun, burung dan matanya …” Sang guru meminta murid itu untuk menunggu. Lalu ia bertanya kepada murid kedua dengan pertanyaan yang sama dan ia menjawab, “Saya hanya melihat mata burung.” Sang guru pun berkata, “Tembaklah!” Panah pun melesat langsung menuju mata burung.

Cerita ini sangat pas untuk dijadikan ilustrasi kekuatan dari sebuah fokus. Contoh lain dari kehidupan sekarang, misalnya Tiger Woods yang sukses sebagai atlet golf. Ia bisa mencapai prestasi seperti saat ini karena fokus di bidang itu selama bertahun-tahun.

Tidak masalah bidang apa yang ditekuni, selama fokus maka Anda akan menjadi master at that corner, seperti kata dosen saya. Dengan tujuan masa depan yang jelas berdasarkan cita-cita masing-masing, Anda akan menjadi spesialis yang siap bersaing dan memenangkan persaingan kerja.

***

Tulisan lainnya dapat Anda download dan nikmati di ebook “7 Rahasia Memenangkan Persaingan Kerja” di sidebar blog saya ini.

Tinggalkan Komentar