Mengenal Migas Nonkonvensional

Produksi migas nonkonvensional yang melimpah di Amerika Serikat beberapa tahun terakhir dituding berperan dalam penurunan harga minyak mentah dunia yang terjadi sejak 2014.

Harga minyak mentah yang sempat menyentuh angka di atas 100 dolar per barel, anjlok hingga sekitar 27 dolar per barel di awal tahun 2016. Dan hingga saat ini, harga minyak masih berkutat di kisaran 50 dolar per barel.

(more…)

Klasifikasi Batugamping Berdasarkan Folk dan Dunham

Untuk melakukan klasifikasi terhadap batugamping terdapat banyak properti batuan yang bisa dijadikan acuan pengklasifikasian, seperti warna, butiran atau ukuran kristal, komposisi, serta tekstur – fabrik.

Namun, karena kebanyakan analisis petrografi sederhana bertujuan untuk interpretasi lingkungan pengendapan, maka klasifikasi yang paling berguna adalah yang didasarkan pada hubungan properti butiran dan fabrik terhadap beberapa properti lingkungan, misalnya level energi.

(more…)

Perbedaan Karbonat dengan Silisiklastik

Pengantar

Batuan karbonat adalah batuan dengan kandungan material karbonat lebih dari 50% yang tersusun atas partikel karbonat klastik yang tersemenkan atau karbonat kristalin hasil presipitasi langsung (Rejers & Hsu, 1986). Bates & Jackson (1987) mendefinisikan batuan karbonat sebagai batuan yang komponen utamanya adalah mineral karbonat dengan berat keseluruhan lebih dari 50%.

(more…)