Tangerang Selatan atau dikenal juga dengan nama Tangsel merupakan kota yang baru resmi terbentuk pada akhir 2008. Meskipun menyandang predikat kota baru, tapi perkembangannya terbilang pesat. Tengok saja berbagai infrastruktur yang terus dikebut pembangunannya hingga saat ini.

Sebagai kota penyangga ibukota Jakarta, Kota Tangsel semakin hari semakin padat saja. Ini seiring dengan semakin banyaknya perumahan di daerah ini.

Perumahan di Tangsel menjadi favorit sebagian keluarga yang bekerja di Jakarta, bukan saja karena jaraknya yang tidak telalu jauh, tapi juga karena harganya masih terjangkau. Bandingkan saja harga rumah tipe tertentu yang sama di Jakarta dan di Tangsel. Selisihnya jaaauuuhhhh… hehehe. Meskipun, di Tangsel ada juga daerah perumahan dengan harga selangit.

Perkembangan perumahan yang pesat di Tangerang Selatan didukung oleh dua pengembang besar, yaitu Sinas Mas Land di BSD City dan Jaya Property di Bintaro. Ditambah lagi pengembang-pengembang lainnya.

Pada postingan ini, saya akan menuliskan daftar perumahan di Tangerang Selatan. Mudah-mudahan saja bisa membantu bagi Anda yang sedang hunting rumah.

1. Cendana Residence, Pamulang 2

cendana residence pamulang

Foto dari brosur

Kenapa perumahan ini saya tulis paling awal? Karena saya kebetulan tinggal di situ… hehehe.

Cendana Residence ini terletak di Jalan Benda Raya, Pamulang 2. Tepat berada di samping Kantor Walikota Tangerang Selatan. Pengembangnya adalah Badra Arta.

Tipe rumahnya macam-macam, mulai yang 30/60 hingga 90/120. Dengan sistem satu pintu dan security 24 jam.

2. Bumi Serpong Residence (BSR), Pamulang 2

BSR ini juga terletak di Pamulang 2, tidak jauh dari Cendana Residence. Di sini ada kolam renang yang cukup luas dan dibuka untuk umum.

bumi serpong residence

Foto dari perumahanbumiserpongresidence.blogspot.com

3. Grand Serpong, Ciater Raya

perumahan grand serpong

Foto dari rumah.com

Perumahan ini terletak di jalan Ciater Raya, tepatnya dekat dengan bundaran Ciater Raya – Pamulang 2. Tidak jauh dari Grand Serpong, ada Grand Serpong 2.

4. Serpong Green Park, Ciater Raya

serpong green park

Foto dari panoramio.com

Perumahan ini tidak tepat di Ciater Raya sih, tapi masuk ke Jalan Villa Dago Tol. Lokasi tepatnya tidak begitu jauh dari Jalan Ciater Raya, melewati Sekolah Erenos dan Sekolah Al-Lauzah.

Nah, keempat perumahan ini berada pada jalur yang sama. Bisa diakses melalui kendaraan umum ataupun pribadi. Jadi gampanglah kalau mau survei.

Kalau dari arah Jakarta, bisa keluar di pintu tol BSD yang pertama, terus belok kiri ke arah Ciater Raya. Kalau naik kereta bisa turun di Stasiun Sudimara atau Rawabuntu. Jarak dari kedua stasiun tersebut relatif samalah.

Selanjutnya kita bergeser ke daerah Pamulang 1 dan sekitarnya. Di area ini juga terdapat beberapa perumahan.

5. Panorama Serpong, Pamulang

panorama serpong

Foto dari rumahdijual.com

Panorama Serpong ini terletak di Kec. Setu, Kel. Bakti Jaya, Tangerang Selatan. Kalau dari arah Cendana Residence, belok kiri di pertigaan pom bensin arah Jalan Raya Puspitek.

6. Paradise Serpong City, Pamulang

paradise-serpong-city

Foto dari lifull.id

Perumahan ini terletak di Jalan Raya Puspitek, tidak jauh dari Panorama Serpong. Di dalamnya terdapat beberapa cluster dengan beragam tipe rumah. Juga ada kolam bermain anak-anak yang cukup representatif. Pengembangnya adalah Progress Group.

Sekarang kita bergeser ke arah Serpong dan sekitarnya. Di area ini juga terdapat beberapa perumahan.

7. The Icon, BSD

the icon bsd city

Foto dari panoramio.com

The Icon ini sebenarnya berada di pinggiran BSD City. Namun begitu, harga rumahnya tergolong lumayan mahal jika dibandingkan dengan area Pamulang dan Pamulang 2 untuk tipe yang sama. Ini lokasinya dekat dengan AEON Mall dan ICE.

8. Serpong Garden, Cisauk

serpong garden cisauk

Foto dari luademochila.com

Serpong Garden terletak di daerah Cisauk. Perumahan ini sangat dekat dengan Stasiun Cisauk. Jadi, soal transportasi ke Jakarta tidak perlu khawatir, tinggal naik KRL aja.