Pada postingan sebelumnya saya sudah menulis tentang manfaat google webmaster tools. Kali ini saya akan menulis tentang cara mendaftar dan menggunakan google webmaster tools. Untuk mendaftar dan menggunakan layanannya dapat melalui webnya yang beralamat di  http://www.google.com/webmasters/. Kemudian klik sign in untuk login.

Untuk bisa masuk Anda dapat menggunakan akun email google Anda. Kalau belum punya, silakan buat dulu, gampang kok daftarnya. 🙂

Setelah berhasil masuk, maka akan tampil window google webmaster tools. Hal pertama yang Anda lakukan adalah add site, atau menambah alamat web/blog Anda ke dalamnya. Setelah menambah, saatnya untuk melakukan verifikasi atau meyakinkan google kalau web/blog yang didaftarkan benar-benar milik Anda.  Ada empat cara untuk melakukan verifikasi.

  • Cara pertama adalah upload file html ke server. Ini bisa dilakukan melalui cpanel, bagi yang blognya menggunakan hosting sendiri. Saya biasanya melakukan cara yang ini karena lebih simpel dan sekali saja dilakukan.
  • Cara kedua adalah Add a meta tag to your site’s home page, cara ini bisa langsung dilakukan di editor wp-admin. Cuma kalau ganti themes harus dilakukan lagi. Cara ini juga dapat dilakukan bagi yang menggunakan blog gratis semacam blogspot.
  • Cara ketiga Use your Google Analytics account. Kalau sudah memasukkan verifikasi google analytics sebelumnya, bisa pakai itu juga. Tapi, kasusnya sama dengan yang kedua kalau ganti themes ya verifikasi lagi.
  • Keempat Add a DNS record to your domain’s configuration. Cara ini tidak pernah saya lakukan, gak tahu soalnya… hehehe.

Setelah verifikasi, silakan menunggu beberapa jam hingga beberapa hari untuk melihat informasi yang disajikan di dalam google webmaster tools. Mereka butuh waktu untuk mengumpulkan informasi tentang web/blog yang dimasukkan kan… 🙂

Google Webmaster Tools

Jika datanya sudah tersedia maka Anda dapat melihat beberapa informasi tentang web/blog Anda seperti yang saya tulis pada postingan sebelumnya tentang manfaat google webmaster tools. Bisa dilihat seberapa banyak web/blog Anda ditemukan melalui kata kunci tertentu dan berapa banyak klik yang dihasilkan.

Ada informasi error yang ditemui google saat menjelajah web/blog Anda, banyaknya web lain yang link ke web/blog Anda, kata kunci yang banyak membawa pengunjung, dll. Sekarang tergantung Anda bagaimana memanfaatkan semua informasi itu untuk pengembangan web/blog Anda.