cara membuat surat lamaran kerja

Foto dari stockunlimited.com

Apa saja yang Anda kirimkan ketika melamar pekerjaan?

Mungkin ada di antara Anda yang mengirim surat lamaran kerja dan CV atau surat lamaran kerja dan resume. Tergantung permintaan.

Apa itu surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja adalah surat yang dikirim saat melamar sebuah pekerjaan yang isinya menjelaskan mengapa Anda cocok untuk mengisi pekerjaan yang ditawarkan. Detail tentang kualifikasi Anda kemudian tertuang dalam CV yang Anda sertakan.

Berikut ini cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik, agar surat lamaran yang Anda kirim tidak berakhir jadi arsip meja HR atau di email mereka.

Persiapan sebelum membuat surat lamaran kerja

Sebelum Anda duduk di depan komputer dan mulai menulis, ada baiknya Anda siapkan segala sesuatunya dulu. Agar surat lamaran kerja yang Anda buat memenuhi espektasi perusahaan.

Untuk itu, Anda perlu melakukan riset mendalam tentang pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar. Supaya nantinya Anda bisa menuliskan keterampilan, pengalaman, dan kemampuan yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Informasi penting tersebut bisa Anda dapatkan dalam iklan lowongan kerja. Di bagian kualifikasi biasanya semua syarat pelamar ditulis dengan benderang.

Dari situ Anda bisa mengaitkannya dengan kualifikasi Anda dan mulai menulis surat lamaran kerja.

Panduan menulis surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja ini beda dengan surat atau email ke kawan pergaulan. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan:

Panjang: surat lamaran kerja sebaiknya tidak lebih dari satu halaman.

Format penulisan: jika diketik, sebaiknya menggunakan kertas ukuran A4 menggunakan spasi satu dengan jarak dua spasi antara paragraf. Aturan soal spasi ini juga berlaku jika surat lamaran kerjanya langsung diketik melalui email.

Huruf: gunakan huruf yang formal, seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri dengan ukuran 12.

Apa saja yang perlu ditulis dalam surat lamaran kerja?

Ada beberapa hal yang perlu ditulis di dalam surat lamaran kerja:

  • Kepala surat atau heading

Kepala surat biasanya berisi detail tentang Anda, seperti nama, alamat, email, dan telepon. Bisa ditulis di tengah atau bagian kanan kerta. Jika langsung ditulis di email, maka bagian ini tidak ada.

  • Tanggal

Tanggal Anda menulis surat lamaran.

  • Tujuan surat

Bagian ini berisi kepada siapa surat lamaran Anda tujukan, jabatannya di perusahaan, dan nama perusahaan. Ditempatkan di bagian kiri surat.

  • Salam pembuka

Salam pembuka ini umum digunakan dalam surat. Misalnya, ‘Dengan hormat’ jika menggunakan Bahasa Indonesia atau ‘Dear Sir/Madam’ jika Bahasa Inggris.

  • Tubuh surat atau isi

Isi biasanya terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama berisi alasan Anda menulis surat lamaran dan di mana Anda mendapatkan informasi soal lowongan pekerjaan yang Anda lamar. Bagian ini bisa ditulis dalam satu paragraf.

Bagian kedua adalah bagian yang penting. Di bagian ini Anda menjelaskan bagaimana keterampilan, pengalaman, dan kemampuan yang Anda miliki bisa memenuhi standar kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Bagian ini bisa Anda tulis dalam dua paragraf.

Bagian ketiga atau paragraf terakhir berisi ucapan terima kasih dan harapan Anda.

  • Salam penutup

Tutup surat Anda dengan salam yang sopan, misalnya ‘hormat saya’ dalam Bahasa Indonesia atau ‘sincerely’ dalam Bahasa Inggris.

  • Nama dan tanda tangan

Jika langsung ditulis di email, cukup nama saja.

Buat template agar lebih mudah

Supaya Anda tidak ribet dengan format penulisan setiap kali ingin mengirim lamaran pekerjaan, sebaiknya buat satu template surat lamaran kerja.

Template itu tinggal Anda edit saja setiap ada lowongan untuk menyesuaikan kualifikasi yang dibutuhkan.

Baca ulang dan edit

Sebelum dicetak, biasakan untuk membaca ulang surat lamaran kerja yang Anda buat. Pastikan segala sesuatunya sudah benar. Baik itu lowongan yang dilamar, alamat yang dituju, maupun kualifikasi yang ditulis.

Jangan sampai ada informasi yang tidak sesuai atau berbeda karena menggunakan template yang sudah dibuat sebelumnya.

Kalau ada yang salah silakan diedit. Jangan lupa, setelah dicetak dibaca lagi dan pastikan semuanya sudah oke sebelum dikirim. Jika dikirim langsung melalui email, baca dua atau tiga kali sebelum klik tombol ‘kirim’.

Contoh surat lamaran kerja

Berikut ini saya akan menuliskan satu contoh surat lamaran kerja dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, berdasarkan iklan lowongan kerja di bawah ini.


Misal, Anda mendapatkan informasi dari koran Media Indonesia tentang lowongan reporter di Vivanews dengan syarat sebagai berikut:

– Male / Female, maximum 25 years
– Minimum S1
– Experience max 1 year or Fresh Graduate
– Having capability in writing
– Having knowledge of current issues (Football, National, Politic)

– The physical condition of healthy
– Able to work together in teams and individually
– Proactive and able to work under pressure


Contoh surat lamaran kerja dalam Bahasa Indonesia:

Kirman Syam
Jl. Benda Raya, Pamulang 2
Tangerang Selatan, Banten
Telepon 021 567987

10 Oktober 2017

HR Manager
Vivanews
Kawasan Epicentrum
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Saya bermaksud melamar untuk posisi reporter Vivanews seperti yang diiklankan di Media Indonesia, 7 Oktober 2017.

Saya adalah lulusan Komunikasi dari Universitas Hasanuddin, Makassar pada tahun 2016. Saya memiliki beberapa pengalaman di bidang jurnalistik. Semasa kuliah, saya aktif di surat kabar kampus yang bernama “Identitas”. Sebagai reporter, saya pernah mewawancarai beberapa tokoh kampus, pemerintahan, dan politikus sebagai bahan tulisan saya. Saya juga pernah mengikuti program magang di sebuah media lokal di Makassar selama 3 bulan dan mendapatkan banyak pengalaman tentang dunia jurnalistik.

Dengan kombinasi pendidikan dan pengalaman yang saya miliki, saya percaya diri bisa memberikan kontribusi positif bagi Vivanews sebagai reporter.

Saya akan dengan senang hati berdiskusi dengan Bapak untuk informasi lebih lanjut terkait kualifikasi saya. Saya dapat dihubungi melalui telepon 021 567987 atau email kirman.syam@gmail.com. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Kirman Syam


 

Contoh surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris:

Kirman Syam
Jl. Benda Raya, Pamulang 2
Tangerang Selatan, Banten
Telepon 021 567987

10 Oktober 2017

HR Manager
Vivanews
Kawasan Epicentrum
Jakarta Selatan

Dear Sir,

I am writing to apply for the position reporter of Vivanews as advertised in Media Indonesia, October 7, 2017.

I graduated from Communication Department, Hasanuddin University, Makassar in 2016. I have some experience in the field of journalism. During college, I was active in a campus newspaper called “Identitas”. As a reporter, I have interviewed several campus figures, government officers, and politicians as my writing materials. I also attended an apprenticeship program in a local media in Makassar for 3 months and gained much experience about journalism.

With the combination of my education and experience, I am confident can make a positive contribution to Vivanews as a reporter.

I would welcome an opportunity to discuss with you for more information related to my qualifications. Please feel free to contact me at my mobile phone 021 567987 or email kirman.syam@gmail.com. Thank you for your attention.

Sincerely yours,

Kirman Sham


Demikianlah cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan menarik beserta contoh dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Semoga bermanfaat… 🙂