Keterampilan berbicara yang baik dan benar ketika dibutuhkan tidak terjadi dengan sendirinya, butuh latihan dan pembiasaan. Bukan sekali atau dua kali saja, melainkan berkali-kali.

Pernahkah Anda melihat seseorang yang berbicara di depan orang banyak dengan penampilan yang memukau? Kata-kata mengalir lancar, bahasa tubuh begitu sempurna, dan tampil begitu percaya diri. Percayalah, itu bukan hasil latihan semalam, melainkan hasil latihan yang cukup lama.

cara melatih berbicara dengan lancar

http://www.flickr.com/photos/o5com/

Cara melatih berbicara dengan lancar

Banyak cara yang dapat digunakan untuk melatih berbicara dengan lancar di depan umum. Berikut beberapa di antaranya:

Biasakan berbicara di depan orang banyak

Banyak orang berusaha menghindar ketika diminta berbicara di depan orang banyak dengan berbagai alasan. Padahal, jika dibiasakan maka berbagai alasan menghindar itu bisa teratasi.

Saya masih ingat ketika SMP ikut lomba pengucapan janji siswa di hadapan guru dan ditonton banyak siswa lainnya. Deg-degan luar biasa, keringat dingin mengalir deras, tapi karena terpaksa akhirnya naik juga. Padahal sudah disiapkan selama beberapa hari. Bisa dibayangkan kalau itu dadakan.

Dari pengalaman pertama itu membuat penampilan berikutnya di depan orang banyak bisa lebih percaya diri. Baik itu menyampaikan pidato atau melakukan presentasi.

Jadi, kalau ada kesempatan berbicara di depan banyak orang, jangan ditampik. Misalnya, memberi kata sambutan di nikahan keluarga, mengajukan pertanyaan saat kuliah, memberi pandangan di rapat organisasi, dll. Dari pembiasaan itu akan membuat Anda semakin mahir, sepanjang Anda terus memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dirasakan saat bicara.

Aktif di organisasi

Sejak SMP saya sudah aktif di organisasi, mulai dari ketua OSIS, ketua Pramuka, bahkan ketua kelas. Selain jadi tenar, salah satu manfaatnya adalah melatih keterampilan bicara.

Sebagai seorang ketua, mau tak mau harus bisa bicara di depan. Mulai dari terbata-bata, banyak eee…, banyak melihat ke plafon hingga akhirnya jadi biasa-biasa saja dan tertata dengan baik.

Kalau ada kegiatan organisasi, aktiflah di kepanitiaan. Rapat-rapat panitia adalah kesempatan yang sangat bagus untuk berlatih bicara di depan khalayak. Meskipun mungkin tidak terlalu banyak orang, tapi dari situ bisa belajar.

Awal-awal mungkin masih ragu, ngomong belepotan, dan jadi bahan candaan. Teruslah lakukan perbaikan, lama-lama juga akan terampil.

Bergaullah

Tinggal di kos-kosan mahasiswa juga membawa andil dalam kemampuan berbicara saya. Karena setiap saat ada saja topik yang bisa dibicarakan dan tentu lawan bicara tersedia banyak. Yang penting adalah mau bergaul dengan yang lain. Siapa saja.

Bagi yang tidak tinggal di kos-kosan, wadah bergaul tentu banyak yang lain. Anda bisa menemukan komunitas untuk bergaul, misal komunitas olahraga, hobi, dll.

Jika Anda sudah punya komunitas, usahakan jangan pasif. Aktiflah berdiskusi atau sekadar basa-basi untuk melatih keterampilan berbicara Anda.

Berbicara di depan cermin

Kalau tidak ingin melibatkan orang lain, cobalah bicara di depan cermin. Lakukan seolah-olah Anda sedang berbicara di depan umum. Perhatikan volume, intonasi, dan gestur Anda. Jika ada yang terasa kurang pas, diperbaiki dan di coba lagi.

Setelah berlatih di depan cermin, Anda bisa melanjutkannya di depan orang lain misal keluarga atau kawan-kawan. Mintalah pendapat mereka tentang keterampilan bicara Anda.

Berbicara sambil direkam

Melatih keterampilan bicara juga bisa dilakukan dengan merekamnya, baik itu audio saja atau video. Saya pribadi lebih senang melakukannya menggunakan video. Karena dengan video kita bisa sekalian melihat ekspresi dan gestur.

Setelah direkam silakan didengar atau ditonton sambil mencatat hal-hal yang dirasa masih kurang untuk diperbaiki.

Demikianlah beberapa cara melatih berbicara dengan lancar. Mudah-mudahan dengan mempraktekkan salah satunya keterampilan berbicara Anda menjadi semakin baik.