Geoscientist Wanna Be | Blogger

Cara Melatih Keterampilan Berbicara

Keterampilan berbicara yang baik dan benar ketika dibutuhkan tidak terjadi dengan sendirinya, butuh latihan dan pembiasaan. Pernahkah Anda melihat seseorang yang berbicara di depan orang banyak dengan penampilan yang memukau? Kata-kata mengalir lancar, bahasa tubuh begitu sempurna, dan tampil begitu percaya diri. Percayalah, itu bukan hasil latihan semalam, melainkan hasil latihan yang cukup lama.

http://www.flickr.com/photos/o5com/

Cara Melatih Keterampilan Berbicara

Banyak cara yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan berbicara. Berikut beberapa diantaranya :

  • Biasakan berbicara di depan orang banyak. Banyak orang berusaha menghindar ketika diminta berbicara di depan orang banyak dengan berbagai alasan. Padahal, jika dibiasakan maka berbagai alasan menghindar itu bisa teratasi. Saya masih ingat ketika SMP ikut lomba pengucapan janji siswa di hadapan guru dan ditonton banyak siswa lainnya. Deg-degan luar biasa, keringat dingin mengalir deras, tapi karena terpaksa akhirnya naik juga. Dari pengalaman pertama itu membuat penampilan berikutnya di depan orang banyak bisa lebih percaya diri. Baik itu menyampaikan pidato atau melakukan presentasi.
  • Banyak berdiskusi dengan orang lain. Kumpul dengan teman-teman dan mendiskusikan topik tertentu bisa juga mengasah kemampuan bicara kita. Asalkan kita mau ikut aktif dalam diskusi dan tidak jadi pendengar saja.
  • Aktif di organisasi. Sejak SMP saya sudah aktif di organisasi, mulai dari ketua OSIS, ketua Pramuka, bahkan ketua kelas. Selain jadi tenar, salah satu manfaatnya adalah melatih keterampilan bicara. Sebagai seorang ketua, mau tak mau harus bisa bicara di depan. Mulai dari terbata-bata, banyak eee…, banyak melihat ke plafon hingga akhirnya jadi biasa-biasa saja dan tertata dengan baik.
  • Bergaullah. Tinggal di kos-kosan mahasiswa juga membawa andil dalam kemampuan berbicara saya. Karena setiap saat ada saja topik yang bisa dibicarakan dan tentu lawan bicara tersedia banyak. Yang penting adalah mau bergaul dengan yang lain. Ada juga yang hanya tinggal berdiam diri di kamar dan biasanya kemampuan berbicaranya tidak sebagus dengan yang biasa bergaul.

Demikianlah beberapa cara melatih keterampilan berbicara Anda. Memang belum lengkap, seperti bagaimana mengatur bahasa tubuh, kontak mata, dll. Mudah-mudahan dalam postingan berikutnya… :)

16 Comments

  1. Siap om, saya coba praktekan ah.. makasih tipsnya :D

  2. Sama-sama Ram. Semoga bermanfaat ya.

  3. terima kasih ya, sangat membantu hehe

    • Sama2 ya… Senang bisa membantu :)

  4. makasih mas. Ngebantu bgt. :)

  5. huaaaa.. kalau aku malah suka grogi (kebiasaan dari dulu sampe sekarang susah hilang) :o

    • Dibiasakan saja, paling tidak bisa mengatasi groginya. Orang yang terbiasa bicara pun mengalami grogi kok di awal, tapi kemudian bisa mengatasi :)

  6. SAYA mhsiswa bru sya ngk perrmnahh aktif dlm berbicara dikampus,,, aktif berbicara itu hruus bnya baca buku ea pak

    • Ya, betul. Salah satunya banyak baca buku, karena bisa memperluas wawasan dan tentu saja jadi punya banyak bahan untuk bicara :)

  7. Baru kali ini sy mnemukan situs yg keren bgt dimana informasi yg disajikan bnr2 sy butuhkan & dpt menunjang potensi diri sy.

    • Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat ya… :)

  8. tq om .. . .
    trima kasih ya ! ! ! !

    • Om…gman cara kita mengatasi klow pikiran bleng di depan audensci…

      • Persiapan yang matang, baik itu materi maupun latihan. Anda juga bisa mengunjungi blog saya yang lain >> masterpresentasi.com

  9. SAYA ada mengikuti organisasi Remaja Masjid,,, sebagai pengurus tapi saya paling gk suka jika bicara saya tidak didengarkan….,,

    • Bagus itu, dulu semasa SMA saya juga aktif di remaja masjid. Memang tidak menyenangkan kalau kita sedang bicara dan yang lain tidak mendengarkan atau sibuk sendiri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan perhatian, misalnya dengan berhenti sejenak atau berinteraksi dengan peserta yang sibuk sendiri tersebut :)

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Melatih Keterampilan Berbicara | PAPAN BIMBINGAN ONLINE - […] http://www.kirmansyam.com/cara-melatih-keterampilan-berbicara […]

Tinggalkan Komentar